Agen BRILink Capai 654.677, BRI Catat Volume Transaksi Tembus Rp339,5 Triliun
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat peningkatan jumlah agen BRILink di seluruh Indonesia.

Direktur Bisnis Mikro Supari mengatakan, agen BRILink pada akhir 2022 telah berjumlah 627.000 dan pada kuartal I 2023 jumlah Agen BRILink telah mencapai 654.677 agen.

“Dengan jumlah agen BRILink yang terus bertambah dan juga adanya kerjasama dengan analis Kredit BRI, diharapkan mampu membangun ekosistem ekonomi mikro, salah satunya dalam hal penyaluran pinjaman melalui Agen Mitra UMi BRILink," ujar Supari, Senin 29 Mei.

Selain mencatatkan penambahan jumlah agen, BRI juga mencatatkan jumlah transaksi yang menunjukkan tren selalu meningkat pada 4 bulan pertama tahun 2023.

Selama itu, tercatat sebanyak Rp339,5 triliun transaksi finansial telah dibukukan.

Kenaikan jumlah transaksi tersebut menunjukkan Agen BRILink memiliki peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat.

Supari melanjutkan, agen Mitra UMi adalah agen yang fokus menyalurkan pinjaman Ultra Mikro ke masyarakat, sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha untuk menghindari praktik rentenir.

Ia menambahkan, kehadiran agen BRILink merupakan kontribusi nyata BRI untuk masyarakat.

”Sebaran agen BRILink tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkannya peluang bisnis dan membuka usaha," jelas Supari.

Dalam pelaksanaannya, Agen BRILink memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan.

Fitur lainnya yang disediakan top-up Brizzi, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya. Belum lagi adanya pengembangan fitur Agen BRILink untuk memaksimalkan layanan.

Kini melalui Agen BRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucer gim, serta melayani kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan ferry.

Ke depannya pengembangan Agen BRILink akan mengoptimalkan serta memaksimalkan digital banking, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat ke masyarakat luas.

Dengan pelayanan yang mudah dan cepat akan mendorong inklusi perbankan kepada masyarakat. BRI akan selalu berkontribusi melalui pengembangan dan peningkatan Agen BRILink demi kemudahan serta kemajuan masyarakat.