Dongkrak Jumlah Entrepreneur Muda, LPDP Rilis Program Business Competition 2023
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) resmi meluncurkan program baru bertajuk LPDP Business Competition 2023 sebagai bentuk meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan kompetisi ini membantu meningkatkan kapasitas SDM sekaligus menjadi titik temu ekosistem kewirausahaan baru.

Menurut dia, semakin banyaknya wirausaha di Indonesia maka semakin besar pula peluang untuk menciptakan inovasi dan lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pada gilirannya juga sekaligus dapat menciptakan 'melting pot' yang terdiri dari komunitas wirausaha, inkubator, akselerator, dan investor di Indonesia baik sektor privat maupun publik,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Senin, 15 Mei.

Andin menjelaskan, LPDP Business Competition 2023 menargetkan bisa menumbuhkan benih 5.000 entrepreneur muda Indonesia. Kata dia, terdapat dua kategori bisnis yang diadakan dalam LPDP Business Competition, yaitu Business Initiation Plan dan Business Growth Plan.

Adapun, kategori Business Initiation Plan diperuntukan untuk pengusaha yang memiliki ide atau rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun. Kategori ini terbuka bagi para pengusaha yang baru menjalankan bisnisnya kurang dari dua tahun. Para pelajar SMA/SMK/MA/sederajat juga bisa mengikuti kategori ini.

Sedangkan Business Growth Plan diperuntukkan untuk pengusaha yang bidang usahanya sudah berjalan lebih dari dua tahun dan memiliki potensi untuk lebih berkembang lebih besar. Peserta di kategori ini juga diminta untuk menunjukkan bisnis dan strategi pertumbuhannya yang jelas dan terperinci.

“Kompetisi Bisnis LPDP ini terbuka luas bagi umum. Para awardee dan alumni penerima beasiswa LPDP, para pelajar SMA/SMK/MA/sederajat, mahasiswa, dan umum juga dapat mengikuti kompetisi ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengungkapkan saat ini Indonesia memerlukan wirausahawan yang bisnisnya berbasis opportunity base yaitu bisnis yang didukung oleh teknologi, pengetahuan, jejaring aspek modal, dan SDM.

“Meningkatkan jumlah wirausaha berbasis opportunity base sangat penting karena turut berkontribusi pada Gross Domestic Product (GDP) per kapita,” katanya.

Dwi menyebut pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru harus tercipta di luar Pulau Jawa apabila ingin negara menjadi maju. Di sinilah peran dan semangat entrepreneurship dari kalangan terdidik diperlukan, para lulusan perguruan tinggi, SMK, Politeknik, akademi, atau komunitas.

“Orang-orang entrepreneur yang memunculkan bisnis-bisnis baru ini yang kita sebut sebenarnya sebagai demokrasi ekonomi. Jangan sampai ekonomi itu hanya dikuasai oleh segelintir orang, tapi bisa menyebar lebih merata,” tegas dia.

Pendaftaran LPDP Business Competition 2023 dibuka mulai 2-31 Mei 2023 dengan syarat mendaftarkan diri maupun bersama tim dengan anggota maksimal sebanyak tiga orang. Tata cara, persyaratan, pendaftaran, dan ketentuan LPDP Business Competition 2023 dapat dilihat dengan mengunjungi laman resmi LPDP.