Hari Pertama KTT ASEAN, Menteri Basuki Ramaikan Pesta Rakyat di Marina Labuan Bajo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan beberapa menteri lainnya serta Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat melakukan peninjauan Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Kawasan Waterfront Marina, pada hari pertama penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Selasa, 9 Mei.

Dalam tinjauannya tersebut, Menteri Basuki mengunjungi pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dan berkesempatan untuk mencoba beberapa produknya, seperti tenun, kerajinan tangan, kopi lokal, hingga makanan ringan tradisional. Basuki juga menyempatkan diri mengenderai sepeda bambu buatan lokal untuk berkeliling area Waterfront Marina.

Basuki mengatakan, Pesta Rakyat tersebut diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

"Selama tiga tahun ini kami telah menyiapkan prasarana dan sarana untuk destinasi wisata Labuan Bajo. Kami sudah melihat perkembangannya, sehingga kini mulai banyak wisatawan asing dan domestik yang sudah bisa ke sini dan menikmati Labuan Bajo," kata Basuki lewat keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Mei.

Dengan pemandangannya yang unik dan atraktif, serta tidak dapat ditemukan di tempat lain, Basuki berpesan kepada masyarakat Labuan Bajo untuk selalu bersyukur dan menjaga keindahannya.

"Tolong dijaga keindahan dan kebersihannya. Kami syukuri bahwa pemerintah telah menyiapkan dan menjadikan Labuan Bajo sebagai Bali kedua. Presiden Jokowi sangat berani menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN. Di Labuan Bajo ini, kami upayakan segala cara agar Labuan Bajo menjadi lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno juga berterima kasih kepada masyarakat Labuan Bajo dan UMKM lokal atas dukungannya untuk pariwisata dalam negeri. "Saya sangat terharu melihat transformasi yang dilakukan masyarakat Labuan Bajo dan telah difasilitasi pembangunan infrastrukturnya oleh Kementerian PUPR," ungkapnya.

"Saya titip dijaga kebersihannya dan dijaga juga infrastrukturnya, agar tetap dalam kondisi prima, karena kami akan menyambut wisatawan kelas dunia. Setelah KTT ASEAN ini, kami harapkan wisatawan meningkat dan UMKM semakin berkembang supaya ekonominya juga semakin bergerak," pungkas Sandiaga.