RUPST, XL Axiata Ganti Direksi dan Bagi Dividen Rp551,7 Miliar
Foto: Dok. XL Axiata

Bagikan:

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyetujui Rp551,7 miliar atau 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian, dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham.

Keputusan perseroan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2023 (Rapat). Rapat yang berlangsung secara daring tersebut memiliki enam mata acara yang telah disetujui dalam Rapat, termasuk di antaranya persetujuan atas perubahan susunan Direksi dan pembagian dividen.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan keputusan memberikan dividen merupakan wujud apresiasi kepada pemegang saham yang telah mendukung perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

“Tahun ini, Rapat kembali menyetujui penggunaan 50 persen dari keuntungan setelah menyesuaian, untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. Total dividen ini kurang lebih sebesar Rp551,7 miliar yang setara dengan Rp42 per saham,” tuturnya dalam keterangan resmi, Jumat, 5 Mei.

Dian menjelaskan sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp100 juta dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Selain menyetujui pemberian dividen, kata Dian, pada mata acara keenam, rapat juga menyetujui perubahan susunan direksi. Perubahan ini terkait penggantian Direktur Keuangan seiring dengan mundurnya Budi Pramantika.

“Menunjuk Feiruz Ikhwan sebagai pengganti Budi Pramantika,” katanya.

Feiruz merupakan seorang profesional yang sebelumnya berkarir di sejumlah perusahaan di bawah Axiata Group Bhd, termasuk di XL Axiata. Sebelum bergabung kembali ke XL Axiata, Feiruz Ikhwan menjabat sebagai Chief Financial Officer dan Act CEO Smart Axiata di Kamboja.

Berikut susunan Direksi XL Axiata yang baru dan efektif sejak ditutupnya Rapat:

Presiden Direktur: Dian Siswarini

Direktur: Feiruz Ikhwan

Direktur: Abhijit Jayant Navalekar

Direktur: Yessie Dianty Yosetya

Direktur: David Arcelus Oses

Direktur: I Gede Darmayusa

Sementara itu, untuk Dewan Komisaris tidak ada perubahan. Berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata:

Presiden Komisaris: Dr. Muhamad Chatib Basri

Komisaris: Vivek Sood

Komisaris: Dr. Hans Wijayasuriya

Komisaris: Dr. David Robert Dean

Komisaris Independen: Muliadi Rahardja

Komisaris Independen: Yasmin Stamboel Wirjawan

Komisaris Independen: Julianto Sidarto

Terkait