DAMRI Layani 423.674 Penumpang saat Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi DAMRI (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - DAMRI mencatat telah melayani sebanyak lebih dari 423.674 penumpang dengan menempuh lebih dari 46.000 ritase pada periode mudik Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Corporate Secretary DAMRI, Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa angka tersebut merupakan gabungan sejak periode H-10 hingga H+3 Lebaran.

“Sebanyak 423.674 penumpang ini menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan transportasi darat bus masih tetap tinggi, baik itu untuk tujuan arus mudik dan arus balik, maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran,” katanya di Jakarta, Jumat, 28 April.

Zulfikri mengatakan puncak arus mudik bersama DAMRI terjadi pada tanggal 18 hingga 20 April dengan sejumlah rute favorit adalah rute Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Wonosobo.

“Dan rute dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak-Kuching,” jelasnya.

DAMRI pun mencatat beberapa wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi pada arus mudik, di antaranya pemberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran dan Stasiun Gambir.

“Sedangkan untuk arus balik terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo,” ujarnya.

Selama masa angkutan Lebaran, Zulfikri mengatakan DAMRI juga melakukan pemantauan dan evaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, yakni Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Khusus Pulau Kalimantan, yakni Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin, juga di Pulau Sulawesi yakni Makassar, Manado, dan Gorontalo. Serta di Pulau Papua yakni Jayapura.

“Keberadaan Posko tersebut bertujuan untuk melakukan optimalisasi kinerja perusahaan dalam melayani angkutan Lebaran, memastikan kegiatan operasional berjalan tertib, lancar, dan aman,” ujarnya.

Zulfikri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah dan hendak bepergian menggunakan moda transportasi darat DAMRI.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, sehingga perjalanan terasa aman dan berkesan,” tutupnya.