PLN Sediakan SPKLU Mobile Pertama di di Ruas Tol Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Berikan Apresiasi
PLN menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mobile di ruas tol Jawa Tengah (Jateng)/foto: Dok. PLN

Bagikan:

JAKARTA - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mobile milik PLN kini siap membantu pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

SPKLU mobile tersebut bersiaga di ruas jalan tol Jawa Tengah untuk melayani pengisian daya kendaraan listrik saat keadaan darurat, khususnya bagi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah ruas jalan tol. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah meninjau SPKLU mobile PLN di Rest Area 444B Bawen-Salatiga, pada Senin, 17 April lalu mengapresiasi hadirnya SPKLU mobile pertama di Indonesia tersebut.

"Ada SPKLU juga di sini, jadi yang ingin beristirahat sambil charge mobil listrik silahkan, tempatnya nyaman," ujar dia dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 21 April.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta A. Bargowo Wahyu Jatmiko menyebut, SPKLU mobile itu merupakan inovasi terbaru PLN. 

SPKLU tersebut dapat mendatangi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah jalur tol. Adapun SPKLU mobile ini siap siaga di tiga titik, yaitu exit Tol Bawen, exit Tol Weleri, dan exit Tol Semarang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran pada 19 April hingga 2 Mei 2023.

"Kami siapkan tiga Unit SPKLU mobile. Jadi, kami dapat melakukan pengisian daya di manapun dan kapanpun. Inovasi ini sangat cocok untuk keadaan darurat yang bisa jadi dialami para pemudik yang menggunakan listrik, yaitu kehabisan daya mobil di tengah ruas jalan tol," tutur Jatmiko.

Sekadar informasi, PLN telah menyiapkan 616 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah tiga SPKLU mobile yang beroperasi khusus di ruas jalan tol di Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan program itu, PLN bekerja sama dengan stakeholders, yaitu Polda Jawa Tengah dan PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol di Jawa Tengah.