Naik Jabatan, Filianingsih Hendarta Resmi jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia
Filianingsih Hendarta saat menandatangani sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (Foto: Dok. BI)

Bagikan:

JAKARTA - Filianingsih Hendarta hari ini secara resmi telah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) setelah melakukan proses pelantikan di hadapan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto.

Dalam prosesi sakral tersebut, Fili menandatangani akta jabatan untuk masa bakti selama lima tahun ke depan. Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan Fili akan melengkapi Deputi Gubernur BI yang kini ada, yaitu Doni Primanto Joewono, Juda Agung, dan Aida S. Budiman.

“Filianingsih Hendarta Dilantik Sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 18 April.

Sementara itu Fili sendiri menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, setelah melalui proses pemilihan internal, keputusan Presiden, hingga tahap uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR beberapa waktu lalu.

“Mohon selalu dukungan dari seluruh stakeholders dan masyarakat termasuk media massa dalam menjalankan tugasnya ke depan,” ucap dia.

Adapun, Filianingsih Hendarta sebelumnya merupakan pejabat aktif di lingkungan bank sentral yang yang mengemban amanah sebagai Asisten Gubernur BI sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019.

Atas posisi barunya, lulusan Master di bidang Economics & Finance dari Boston University itu sukses mengukuhkan karir gemilang di Bank Indonesia.

Untuk diketahui, naiknya posisi Filianingsih Hendarta mengacu pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2023 tanggal 15 Maret 2023.