Bank Mandiri Salurkan KUR hingga Rp6 Triliun di Kuartal I 2023
Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp6 triliun pada kuartal I 2023 dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dalam negeri.

"Bank Mandiri turut berperan sebagai agent of development untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan menyalurkan kredit di segmen UMKM melalui kredit usaha rakyat," kata Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin dalam konferensi pers virtual Paparan Kinerja Kuartal I 2023 di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa 18 April.

Ahmad menuturkan kredit UMKM secara bank only tumbuh dengan baik pada awal tahun 2023. Per Maret 2023 baki debet kredit UMKM tumbuh 10 persen secara year on year menjadi Rp118,1 triliun.

Pertumbuhan kredit UMKM tersebut didorong oleh penyaluran KUR sebesar Rp6 triliun kepada lebih dari 52.000 debitur yang berada di berbagai wilayah Indonesia dan berbagai sektor industri.

Sektor industri tersebut meliputi antara lain sektor industri perdagangan besar dan eceran sebesar Rp2,29 triliun, sektor pertanian sebesar Rp1,75 triliun, sektor jasa produksi sebesar Rp1,16 triliun serta sektor industri pengolahan dan lainnya Rp545 miliar.

Selain itu, Bank Mandiri juga membantu distribusi produk perbankan ke seluruh Indonesia dengan kehadiran 148 ribu Mandiri Agen dan 2,3 juta rekening agen branchless.

Bank Mandiri menerapkan tiga aspek utama dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan yakni lingkungan, sosial dan tata kelola (LST). Melalui serangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Bank Mandiri berfokus untuk memberikan ragam kegiatan dan aksi nyata untuk membantu menyejahterakan masyarakat di Indonesia khususnya pelaku UMKM.

Salah satunya melalui program Rice Milling Unit (RMU) dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada lebih dari 11.000 petani dan membangun ekosistem korporasi yang cerdas.

Melalui program Mandiri Sahabatku, Bank Mandiri memberikan program pelatihan manajemen keuangan dan kewirausahaan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah menghasilkan lebih dari 17 ribu wirausaha.

Bank Mandiri akan terus memperkuat perannya sebagai agen pembangunan dan mitra bagi pemerintah untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat di Indonesia melalui serangkaian inisiatif untuk menciptakan Indonesia yang inklusif.