Kementerian ESDM Tawarkan 3 WK Migas Tahap I Tahun 2023
Ilustrasi migas (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) mengumumkan Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023 untuk 3 wilayah kerja (WK) yakni WK Akia, WK Beluga dan WK Bengara I.

"Terdapat 3 WK yang saat ini kami tawarkan. 2 WK ditawarkan degan mekanisme penawaran langsung dan 1 WK melalui penawaran langsung tanpa studi bersama sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji dalam konferensi pers, Senin 10 April.

Tutuka merinci, WK pertama adalah WK Akia yang berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 billion barel oil (BBO) minyak dan 9 triliun cubic feet (TCF) gas. WK Akia memiliki luas seluas 8.394,05 sq km.

"Lokasi WK Akia ini berdekatan dengan beberapa WK yang sudah terbukti potensi hidrokarbonnya seperti Tarakan, Bunyu dan Nunukan," lanjut Tutuka.

Adapun minimum komitmen pasti untuk WK Akia adalah studi G&G akuisisi dan processing seismik 3D 750Km2. WK ini ditawarkan menggunakan skema kontrak bagi hasil cost recovery.

WK kedua adalah WK Beluga yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 360 juta barel oil (MMBO) minyak dan 50 billion cubic feet (BCF) gas. Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

"WK ini memiliki luas 8.472,44sq km. Minimum komitmen pasti untuk WK Beluga adalah studi G&G dan pemboran 1 sumur eksplorasi.," imbuh Tutuka.

WK ini ditawarkan menggunakan skema Kontrak bagi hasil cost recovery dan open bid untuk bonus tandatangan.

Ketiga adalah WK Bengara I yang berlokasi di Dataran Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 90 juta barel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas. Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi.

"Penawaran WK ini memiliki komitmen pasti studi G&G dan pengeboran 1 sumur eksplorasi dan ditawarkan dengan skema kontrak bagi hasil cost recovery," lanjut Tutuka.

Adapun jadwal lelang untuk lelang penawaran langsung Akia dan Beluga dan lelang penawarran langsung tanpa studi bersama WK Bengara I, nantinya jadwal akses dokumen dimulai 10 April 2023 sampai 8 Mei 2023 dan batas waktu penyampaian dokumen lelang pada 9 mei 2023.