Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui super apps digital banking andalannya yakni BRImo mencatatkan volume transaksi sebesar Rp322,83 triliun atau 144 persen.

Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan jumlah user atau pengguna super apps BRImo terus mengalami peningkatan dan telah tembus 26,3 juta nasabah.

“Selama periode Januari-Maret 2023, BRImo berhasil membukukan sebanyak 225 juta transaksi finansial, atau melonjak hingga 154,63 perse. year-on-year (yoy), dengan peningkatan volume transaksi yang tumbuh sebesar 144,66 persen yoy menjadi Rp322,83 triliun,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 9 April.

Arga menjelaskan pertumbuhan jumlah transaksi bersifat fluktuatif sesuai dengan ritme finansial dari nasabah. Menurut dia, lonjakan transaksi biasanya terjadi pada masa-masa pergantian bulan dan pembayaran upah.

“On a very good day, sistem kami membukukan lebih dari 100 juta transaksi. BRImo sendiri misalnya, sudah semakin terbiasa menangani mendekati 15 ribu transaksi per detik,” jelasnya.

Kata Arga, angka transaksi tersebut membuat BRI tidak bisa tidak mempersiapkan kapasitas yang memadai untuk kelancaran transaksi para nasabah.

Untuk menjaga ketahanan sistem di tengah lonjakan tersebut, BRImo terus mengalami pemutakhiran di antaranya, penambahan kapasitas computing yang berkelanjutan sejalan dengan kurva pertumbuhan transaksi.

“Selain itu, upaya-upaya pengoptimalan dari segi logika dan algoritma pemrograman juga aktif dilakukan. Kami harus siap untuk menghadapi pertumbuhan yang drastis sampai 5-6 kali lipat dari angka-angka saat ini,” jelasnya.

Arga mengatak. bahwa perjalanan digital yang ditempuh bersama nasabah, berhasil membawa leap-of-faith kepada layanan digital.

Pada akhir 2022, BRI telah menunjukkan hasil manis dari upaya transformasi digital dengan mencatatkan sebanyak 98,41 persen transaksi yang telah memanfaatkan platform digital, artinya hanya 1,59 persen dari transaksi nasabah BRI yang masih dilakukan di unit-unit kerja fisik.

“Di saat itu juga, pengguna aplikasi BRImo mencatatkan 23,8 juta user, artinya kenaikan sebanyak 2,5 juta user hanya dalam jangka waktu tiga bulan," ungkapnya.