Pemerintah Ajak Masyarakat Ikut Pilih Logo IKN Nusantara, Berhadiah Motor Listrik
Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota (IKN) Nusantara resmi membuka masa voting bagi logo IKN Nusantara yang baru.

Total ada lima finalis logo yang bisa dipilih oleh masyarakat. Lima logo ini merupakan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono mengajak masyarakat ikut serta dalam penentuan logo IKN sebagai Ibu Kota Negara Indonesia yang baru.

“Ibu Kota Nusantara adalah milik dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia dan dibangun untuk kemajuan bangsa Indonesia, oleh karenanya saya mengajak seluruh anggota masyarakat Indonesia untuk terlibat berkontribusi kepada Ibu Kota negara baru ini dengan cara memilih logo yang paling sesuai untuk Ibu Kota Nusantara,” kata Bambang di Jakarta, Selasa, 4 April.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, kata Bambang, dapat memilih logo tersebut melalui tautan www.ikn.so.id/silihlosonusantara, mulai 4 April hingga 20 Mei 2023.

Rencananya logo pilihan rakyat Indonesia terbanyak akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Mei 2023 di Ibu Kota Nusantara.

“Desainer yang karya logonya terpilih dengan Suara terbanyak dan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp185 juta,” ujarnya.

Tak hanya desainer, Bambang mengatakan 10 pemilih dari masyarakat yang beruntung juga akan diberikan hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, pihaknya bangga dapat memberikan dukungan pada kegiatan pemilihan logo IKN Nusantara dan menjadi bagian dari sejarah bangsa.

“Dukungan BNI pada kegiatan pemilihan logo ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam berkontribusi di proyek pemindahan Ibu Kota demi mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara merata,” ungkap Royke.

Sekadar informasi, dalam sayembara pembuatan desain logo baru ini Otorita IKN bekerjasama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Pada tahap pertama masuk sekitar 500 desainer dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang ini.

Dari 500 desainer yang berminat, ADGI kemudian memilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru IKN Nusantara.

Seleksi tahap awal adalah dengan cara open call ke seluruh member ADGI.

Beriktunya dikurasi lewat portofolio yang mereka submit dengan kriteria yang wajib, di antaranya berprofesi sebagai desainer grafis profesional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual.

Melalui penyaringan berdasarkan syarat-syarat di atas oleh para dewan kurator ADGI maka terpilihlah 10 desainer finalis.

Lalu, 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh OIKN kepada Presiden RI untuk dipilih 5 logo yang diumumkan ke masyarakat.