Bertemu Menteri Transportasi Singapura, Menhub Kuatkan Kerja Sama Konektivitas
Menhub Budi Karya Sumadi Bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran untuk membahas penguatan kerja sama kedua negara, di sektor transportasi. Salah satunya mengenai konektivitas.

“Menjajaki peluang kerja sama peningkatan konektivitas udara dari Singapura ke Indonesia ke beberapa destinasi wisata tanah air,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis, 16 Maret.

Adapun penjajakan peluang kerja sama tersebut yang sejalan dengan kesepakatan perjanjian hubungan udara antara kedua negara.

“Dan juga kesepakatan perjanjian ASEAN Open Sky serta kolaborasi kegiatan port state control (PSC) dan flag state inspection (FSI) untuk memperkuat keselamatan dan keamanan transportasi laut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan pihaknya juga membahas sejumlah hal dalam upaya penguatan kerja sama yang selama ini telah dilakukan. Seperti, tindak lanjut kerja sama ruang udara atau FIR dan kerja sama pengembangan SDM di bidang kemaritiman melalui berbagai program pelatihan.

“Semoga pertemuan ini akan semakin memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang saling menguntungkan,” ujar Menhub.

Menhub Budi juga akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo, untuk menghadiri pertemuan Leaders Retreat Indonesia-Singapura yang diselenggarakan di Hotel Fullerton, Singapura, hari ini.