Siap Salurkan Bansos ke 21 Juta Orang, Bulog Tunggu Data Kemensos
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah akan membagikan bantuan sosial (bansos) kepada 21 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bansos yang diberikan berupa 10 kilogram (kg) beras, telur dan daging ayam.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengatakan, Bulog akan menyediakan beras sementara daging dan telur ayam akan disediakan ID FOOD.

"Untuk persiapan bansos karena sudah ada perintah presiden dan surat dari Badan Pangan, bansos ini akan dibagikan 3 bulan dengan KPM-nya 21 juta orang di seluruh Indonesia," ujar Febby di Gedung Kementerian BUMN, Rabu, 15 Maret.

Ia merinci, setiap bulannya Bulog akan menggelontorkan 210.000 ton selama 3 bulan berturut-turut.

"Jadi, tiap keluarga dapat 10 kilo dan kami sedang menunggu datanya dari Kementerian Sosial karena kita tidak punya data dan hanya menyediakan beras," lanjut Febby.

Dia menambahkan, pembagian bantuan sosial nantinya akan diberikan by name by adress kepada masing-masing keluarga.

"Infonya Badan Pangan sudah menyurati Kemnsos untuk dibagi ke mana nih berasnya karena beras itu akan dibagikan door to door by name by adress," lanjut Febby.

Hadir dalam kesempatan yang sama Direktur Komersial PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD Ardiansyah Chaniago mengatakan, untuk persiapan penyaluran bansos pihaknya sudah mengantongi data dari BKKBN sebanyak 2 juta KPM namun masih menunggu finalisasi.

"Kami sudah mengecek kesiapan stok, mengenai jumlah KPM yang terkahir kami dapatkan dari BKKBN berdasarkan by name by adress yang sudah lengkap kurang lebih 2 juta tapi kami masih menunggu finalisasinya," pungkas Ardiansyah.