DKI Gandeng Perusahaan Sistem Pembayaran Korea untuk Ritel
DOK Bank DKI

Bagikan:

JAKARTA - Bank pembangunan daerah Bank DKI menjalin kerja sama dengan perusahaan sistem pembayaran terbesar di Korea, BC Card Asia Pasific dalam implementasi sistem pembayaran ritel berupa sistem layanan acquiring.

Sistem layanan acquiring merupakan bentuk layanan yang memudahkan pembayaran menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu, baik kartu debit maupun kartu kredit dalam aktivitas pembayaran sehari-hari.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menjelaskan, kolaborasi yang menggandeng mitra lain ini menjadi optimalisasi kinerja bisnis digital bagi perusahaan milik Pemprov DKI tersebut.

“Kolaborasi yang dilakukan merupakan langkah adaptif Bank DKI dalam upaya memperluas kemudahan layanan perbankan serta mendorong akselerasi inklusi keuangan melalui ekosistem pembayaran digital yang andal," kata Amirul dalam keterangannya, Jumat, 10 Maret.

Amirul mengungkapkan, kerja sama ini juga sejalan dengan momentum transformasi digitalisasi yang dijalankan perseroan sejak 2021.

"Bank DKI terus berupaya menyediakan layanan digital yang mumpuni melalui berbagai kolaborasi, diantaranya pengembangan layanan kerjasama cross border untuk pembayaran di luar negeri, kolaborasi pemanfaatan teknologi cloud computing guna memperkuat layanan dan ekosistem digital perbankan," lanjutnya.

Senada, CEO BC Card Korea, Choi Wonseok menyambut positif atas kerja sama yang terjalin. Menurut dia, bank milik Pemprov DKI ini merupakan salah satu mitra strategis.

“Dengan karakteristik yang dimiliki serta berbagai pencapaian bisnis yang positif secara konsisten, Bank DKI merupakan salah satu mitra usaha strategis yang potensial untuk berkolaborasi dan terus berkembang bersama," tutur dia.

Di sisi lain, Amirul kembali menjelaskan, Bank DKI juga melakukan kolaborasi dengan Bank BCA dan jaringan PRIMA untuk pemanfaatan layanan Setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA, ATM Bank BNI, dan CIMB Niaga berlogo jaringan PRIMA yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

"Salah satu fitur terbaru, adalah fitur mobile cash untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI maupun ATM bank lain yang bekerjasama, seperti Bank BCA, Bank BNI, Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA," imbuhnya.

(Foto: Bank DKI)