Banyak Peminat, Okupansi Kereta Panoramic Tembus 117 Persen
VP Public Relations KAI Joni Martinus di kereta Panoramic (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kereta Panoramic terbukti mempunyai banyak peminat. Hal ini terlihat dari tingkat okupansi atau keterisian kereta yang tembuh 117 persen pada Februari 2023.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan okupansi Kereta Panoramic pada periode pada Februari mencapai 117 persen atau terdapat 711 pelanggan.

Rinciannya terdiri dari 405 pelanggan KA Argo Wilis Panoramic relasi Bandung - Surabaya Gubeng pp dan 306 pelanggan KA Argo Parahyangan Panoramic relasi Gambir-Bandung pp.

“Keterisian tempat duduknya 117 persen atau lebih dari 100 persen,” katanya dalam perjalanan Kereta Panoramic menuju Bandung, Senin, 6 Maret.

Lebih lanjut, Joni menjelaskan tingkat keterisian Kereta Panoramic bisa mencapai 117 persen karena penumpang dinamis. Jadi, sambung Joni, ketika ada penumpang yang turun kursinya diisi oleh penumpang lain.

“Kok bisa lebih 100 persen? Karena penumpang dinamis. Misalnya Panoramic Bandung-Surabaya ada penumpang turun tengah jalan, seperti Solo atau stasiun lainnya, seperti Solo atau diisi penumpang lainnya. Sehingga keterisiannya lebih dari 100 persen,” jelasnya.

Kereta Panoramic Foto: Mery Handayani/VOI

Kata Joni, pola perjalanan Kereta Panoramic sama dengan Kereta Wisata lainnya dimana terdapat dua pola perjalanan yaitu pola FIT (perorangan) dan pola charter atau sewa.

Adapun jadwal Kereta Panoramic pada bulan Maret 2023 yaitu:

1. KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir jam 04.55 dan tiba di Bandung jam 07.52 (Berjalan di hari Jumat)

2. KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung jam 08.15 dan tiba di Surabaya Gubeng jam 18.10 (Berjalan di hari Jumat)

3. KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng jam 07.30 dan tiba di Bandung jam 17.25 (Berjalan di hari Minggu)

4. KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung jam 18.15 dan tiba di Gambir jam 21.19 (Berjalan di hari Minggu).

Sekadar informasi, Kereta Panoramic yang merupakan inovasi dari Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Pelanggan juga dapat menikmati pemandangan alam, pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi, serta terowongan yang panjang melalui jendela Kereta Panoramic yang besar.