Pemerintah Rancang Ekosistem Permudah UMKM Masuk Ritel Modern
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebutkan bahwa pemerintah kini tengah membangun ekosistem besar untuk mempermudah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melakukan ekspansi bisnis.

Menurut Mendag, skema yang disusun ini berperan penting untuk membuka jalan UMKM berkolaborasi dengan pemain bisnis besar yang ada di Indonesia.

“Melalui terbentuknya ekosistem tersebut, nantinya akan mempertemukan UMKM dengan ritel modern dan perusahaan grosir besar. Lalu berkesempatan juga membangun kapasitas pemasaran digital dan penjualan daring, serta keterlibatan perbankan dalam pembiayaan dan permodalan UMKM,” ujar dia dalam keterangan tertulis dikutip Minggu, 5 Maret.

Mendag menjelaskan, sebaliknya ritel modern dan perusahaan grosir besar mendapat kesempatan memasok produk kebutuhan harian kepada pelaku UMKM yang memiliki warung.

“Saya juga mengajak teman-teman semua untuk melakukan pemasaran digital dan penjualan produk secara daring melalui berbagai platform. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat mengenalkan produknya kepada calon konsumen potensial di daerah lain di Indonesia maupun di mancanegara,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mendang menerangkan jika pihaknya terus meningkatkan kolaborasi dengan lembaga perbankan terkait fasilitas pembiayaan dan permodalan kepada UMKM.

“Sedangkan untuk UMKM yang memiliki potensi, saat ini peluang ekspor semakin terbuka lebar. Mengingat kami di Kementerian Perdagangan secara berkelanjutan melakukan kegiatan promosi, misi dagang, dan berbagai kerja sama internasional,” tutup dia.