Tertunda Akibat Ada HP Terbakar di Kabin, Lion Air Sudah Terbangkan Penumpang
Ilustrasi (Foto: Dok. Lion Air)

Bagikan:

JAKARTA – Maskapai nasional Lion Air menginformasikan bahwa para penumpang penerbangan rute Kupang-Surabaya telah diberangkatkan setelah sempat tertunda akibat insiden gawai salah satu penumpang terbakar di kabin pesawat pada Minggu pagi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis.

“Lion Air telah memberangkatkan kembali dengan menggunakan pesawat berbeda pada hari yang sama,” ujarnya pada Minggu, 26 Februari.

Menurut Danang, setelah melalui pengurusan serta persiapan yang membutuhkan waktu signifikan (penggantian pesawat dan kelengkapan dokumen tidak bisa instan dan cepat), Lion Air memutuskan mengoperasikan pesawat berbeda dari sebelumnya.

“Lion Air mengoperasikan jenis Boeing 737-900ER registrasi PK-LKM. Prosedur pemeriksaan dan pengawasan sebelum keberangkatan tetap dijalankan, pesawat dinyatakan laik terbang dan aman dioperasikan (airworthy for flight),” tuturnya.

Danang menambahkan, pada penerbangan nomor JT-693, Lion Air membawa tujuh serta 138 penumpang. Pesawat mengudara dari Bandar Udara Eltari pukul 14.20 WITA dan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 15.21 WIB.

Dia menjelaskan, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan penyelidikan intensif dalam upaya memastikan pesawat dan operasional memenuhi regulasi penerbangan.

“Ini dilakukan setelah terjadinya insiden terbakarnya ponsel salah satu penumpang di dalam kabin pesawat dan pembukaan jendela darurat bagian kiri oleh salah satu penumpang tanpa arahan kru kabin,” sebut dia.

Adapun, hasil investigasi ini akan digunakan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik sebagai bagian penting meningkatkan keselamatan dan keamanan seluruh penerbangan ke depan.

“Keselamatan dan kenyamanan penumpang merupakan prioritas utama bagi maskapai. Lion Air berkomitmen mengimplementasikan segala ketentuan standar operasional prosedur untuk mengedepankan pesawat yang digunakan pada operasional penerbangan aman dan terjamin,” katanya.

“Lion Air mengingatkan kepada seluruh penumpang selalu mematuhi peraturan keselamatan penerbangan dan tidak membawa barang-barang berpotensi membahayakan dalam kabin pesawat,” tutup Danang.