Bagikan:

JAKARTA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt, Jerman disebut mendukung penuh partisipasi tujuh perusahaan nasional dalam ajang pameran Biofach 2023 di Kota Nürnberg yang berlangsung 14 Februari hingga 17 Februari mendatang.

Konsul Jenderal RI di Frankfurt Acep Somantri mengatakan perhelatan Biofach 2023 merupakan ajang strategis untuk memperluas jaringan usaha di mancanegara.

“Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan Biofach sebagai pameran dagang yang bisa memperkuat capaian bisnis lebih besar,” ujarnya dalam pernyataan tertulis dikutip redaksi pada Kamis, 16 Februari.

Menurut Acep, kehadiran Indonesia pada pameran Biofach 2023 telah memberikan manfaat nyata, yaitu terciptanya hubungan bisnis langsung dengan pembeli global.

“Nilai transaksi yang terus meningkat. Pada periode 2022 yang lalu para peserta berhasil memperoleh kesepakatan penjualan sebesar 2,1 juta dolar AS,” tuturnya.

Acep menambahkan, bagi Indonesia, pasar Jerman dan Eropa pada umumnya memiliki potensi besar yang harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha produk organik.

Dia mengungkapkan konsumen produk organik di Jerman terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan perkirakan sekitar 5 persen sampai dengan 10 persen dalam beberapa tahun ke depan seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat.

“Pada 2021 penjualan produk organik global di Jerman tercatat sekitar 15,8 miliar euro dan menjadi yang terbesar di Eropa. Melalui promosi berkesinambungan diharapkan produk organik Indonesia dapat diterima lebih luas lagi di pasar Eropa,” kata Acep.

Adapun, tujuh perusahaan di paviliun Indonesia, yaitu Intrafood Singabera Indonesia, PT Natural Joy Foods, PT Herendong Green Farm, PT Berkat Petani Indonesia, PT Kawanasi Sehat Dasacatur, PT Natural Indococonut Organik, dan CV Hugo Inovasi.

Sementara itu, sejumlah perusahaan Indonesia lainnya juga terlihat membuka stan secara mandiri disamping beberapa perusahaan yang hadir sebagai visitor dalam rangka kelanjutan kontrak bisnis dengan kliennya.