Menteri Basuki Tekankan Pekerjaan Konstruksi Harus Selesai di 2024
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Konsultasi Regional (Konreg) Tahun 2023 yang bertujuan untuk mengoordinasikan dan menyinkronkan program bidang PUPR tahun 2024 bersama seluruh pemerintah daerah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan pekerjaan konstruksi selambat-lambatnya pada semester 1 tahun 2024.

"Artinya, program kami tahun 2024 adalah lanjutan dari multi years contract yang sudah dimulai tahun ini dan tahun sebelumnya. Kemudian, OPOR dalam rangka memanfaatkan pembangunan yang sudah kami selesaikan. Kemudian, kegiatan baru hanya boleh atas direktif Presiden," kata Menteri Basuki pada Pembukaan Konsultasi Regional Kementerian PUPR Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin, 13 Februari.

Basuki juga menginstruksikan, agar Inpres Pembangunan Jalan Daerah untuk menangani pemeliharaan atau peningkatan jalan-jalan daerah di luar jalan nasional dapat mulai diprogramkan pada tahun ini, sehingga bisa mulai dilaksanakan pada tahun 2024.

Selain itu, ia mengajak pemerintah daerah, khususnya Bappeda dan Dinas PUPR untuk bersama-sama menyusun programnya dengan baik dan benar.

"Kami ingin mengajak pemerintah daerah memprogramkan ini agar benar-benar bisa melayani kawasan industri, kawasan pariwisata, dan kawasan produksi baik persawahan, perkebunan, transmigrasi," ujarnya.

Terakhir, Basuki meminta kepada seluruh insan Kementerian PUPR maupun pemerintah daerah untuk memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Artinya, mulai dari perencanaan sudah didesain untuk produk dalam negeri. Saya ingin, kami tetap konsisten untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri. Arahannya bukan memprioritaskan produk dalam negeri, tetapi dilarang impor," tandasnya.