Sistem Arisan Menurun: Intip Penjelasan, Contoh, Kelebihan, dan Hukumnya
Brittany Bendabout (Gambar Brittany Bendabout - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Arisan menurun memang menawarkan profit besar, tapi Anda mesti waspada loh prihal sistem arisan menurun ini!

Akhir-akhir ini, arisan menurun sedang digandrungi oleh masyarakat. Tak cuma ibu-ibu, variasi arisan ini juga sudah merambah di kalangan kawula muda. Pasalnya, cara arisan ini menawarkan profit yang besar. Dimana, kian lama Anda jatuh nama karenanya keuntungan yang Anda bisa kian besar.

Tapi, terbukti tak sedikit oknum yang memanfaatkan cara arisan menurun untuk membohongi banyak orang. Lalu, bagaimana sistem untuk menghindari pembohongan itu? Sebelumnya, yuk pahami dahulu apa itu arisan menurun beserta cara dan peraturannya!

Ilustrasi Sistem Arisan Menurun (Gambar Annie Spratt - Unsplash)

Sistem Arisan Menurun

Arisan menurun ialah cara yang mana tiap member akan menyetorkan jumlah uang yang berbeda-beda. Kian tinggi poin yang dibayarkan, karenanya akan kian kencang member itu jatuh nama dan menerima hasilnya. Nominal yang didapatkan juga bervariasi, ada arisan menurun get 1 juta, 5 juta malahan dapat lebih besar dari itu.

Sistemnya

Sistem kerja arisan menurun yakni dengan membikin member yang berada di urutan permulaan dapat menerima uang dengan cepat tapi dengan nominal yang tak setara Lain halnya bagi member di urutan akhir, meski mesti menunggu lama, mereka akan menerima bunga yang besar.

Kian cepat Anda menerima hasil, karenanya profit yang didapat kian sedikit. Itulah kenapa urutan permulaan umumnya diambil oleh member yang memerlukan uang dengan cepat. Meski, member yang menginginkan profit mengambil urutan akhir dengan setoran yang lebih rendah.

Mudahnya, semacam ini model arisan menurun, lima orang bermufakat untuk mengadakan cara arisan menurun dengan get 5 juta dalam dua pekan. Berikut setoran yang dibayarkan masing-masing member:

  • A sejumlah Rp1,3 juta
  • B sejumlah Rp1,150 juta
  • C sejumlah Rp950 ribu
  • D sejumlah Rp850 ribu
  • E sejumlah Rp750 ribu

Arisan itu akan dicairkan dalam 2 pekan sekali sesuai urutan. A memperoleh pencairan pertama sampai yang terakhir yakni E. Apabila dihitung keseluruhannya, karenanya A dan B merugi sebab mesti membayar lebih dari yang didapat.

meskipun C,D dan E menerima bunga, sebab keseluruhan yang didapat lebih besar dari yang mesti dibayarkan. Bagaimana, apakah Anda berminat?

Hukum Arisan Menurun

Arisan merupakan perjanjian yang dikontrol dalam aturan perikatan perdata. Dicantumkan dalam Pasal 1234 Kitab Undang-Undang hukum Perdata bahwa “Perikatan ditujukan untuk memberikan sesuatu, berbuat sesuatu dan tidak berbuat sesuatu.” (KUHPerdata).

Kelebihan Arisan Menurun

Meskipun rawan akan adanya tipu-tipu, tapi cara arisan ini juga banyak memberikan kelebihan. Berikut diantaranya.

  • Bisa mendapatkan uang dengan jumlah besar secara cepat
  • Mendapatkan bunga yang besar
  • Bisa menentukan sendiri waktu pencairan dari awal
  • Bisa memilih nilai setoran yang rendah
  • Meningkatkan relasi dan pergaulan

Itulah pembahasan OCBC NISP mengenai arisan menurun yang sedang menjadi popularitas di seluruh kalangan. Tiap orang pasti berharap mendapatkan profit yang besar, tapi jangan lengah dan wajib waspada. Sekiranya tidak waspada, Jangankan mendapatkan untung, Anda malahan bakalan buntung.

Jadi setelah mengetahui sistem arisan menurun, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!