IHSG Senin Diperkirakan Bergerak Terkonsolidasi, Enam Saham Ini Bisa Jadi Pilihan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan konsolidasi di rentang 6.830-6.930 pada perdagangan hari ini, Senin 30 Januari, setelah menutup perdagangan Jumat akhir pekan lalu dengan penguatan 0,5 persen ke 6.898,98.

Phintraco Sekuritas menyebutkan IHSG berpeluang konsolidasi di rentang support 6.830 dan resistance 6.930 pada perdaganganhari ini. Namun, secara teknikal, belum ada indikasi yang solid.

"MACD cenderung bergerak sideways seiring Stochastic RSI yang masih di overbought area," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya.

Dari sisi eksternal, pelaku pasar akan memperhatikan keputusan suku bunga acuan The Fed di FOMC pada 1 Februari 2023. Kenaikan suku bunga acuan diperkirakan naik hanya sebesar 25 basis poin atau lebih rendah dari kenaikan beberapa bulan sebelumnya.

"Hal ini didukung dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank of Japan (BoJ) yang tidak berencana meningkatkan agresivitas pengetatan kebijakan moneternya di waktu mendatang," jelas Phintraco.

Sementara itu, dari dalam negeri, pelaku pasar akan mencermati perilisan laporan kinerja keuangan 2022 sejumlah emiten pekan ini. Kinerja keuangan yang diperkirakan meningkat akan menjadi sentimen positif bagi pasar modal dalam negeri.

"Saham-saham yang bisa dicermati di Senin ini adalah ADRO, ITMG, INCO, BSDE, SMRA dan CTRA," tulis Phintraco Sekuritas.