Apa Fungsi Neraca Ohaus? Timbangan dengan Keakuratan Tingkat Tinggi
Ilustrasi neraca ohaus (Instagram/@physical_asikinaja)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada berbagai jenis neraca yang digunakan sebagai alat timbang. Salah satunya adalah neraca Ohaus.

Timbangan ini memiliki tingkat ketelitian lebih tinggi dibanding neraca lainnya. Namun masih banyak yang belum tahu fungsi neraca Ohaus.

Neraca Ohaus digunakan untuk mengukur massa benda yang mempunyai ketelitian 0,01 gram.

Sama seperti penimbang beban pada umumnya, neraca ini bekerja dengan cara membandingkan atau mengkomparasikan massa benda yang akan diukur dengan pemberat atau anak timbangan. 

Selain itu, neraca ini juga bisa digunakan dengan cara menggesek posisi anak timbangan sepanjang lengan neraca. Anak timbanganya sudah terdapat pada neraca.

Anak timbangan dapat digeser mendekati atau menjauhi poros neraca sesuai kebutuhan.

Titik letak anak neraca yang sudah dalam posisi seimbang akan menunjukkan massa benda.

Fungsi Neraca Ohaus

Neraca Ohaus bisa dikatakan sebagai timbangan yang memiliki fungsi khusus. Neraca ini memiliki ketelitian tingkat tinggi, yakni 0,01 gram. Sementara itu, beban kapasitas maksimal yang dapat ditimbang adalah sebesar 311 gram.

Neraca ini digunakan untuk mengukur massa logam atau benda yang dipakai untuk praktik di laboratorium. Lantaran tingkat ketelitiannya yang sangat detail, maka neraca ini sering digunakan untuk pengukuran barang-barang penting, seperti obat-obatan di farmasi. 

Jenis-Jenis Neraca Ohaus

Ada berbagai jenis neraca Ohaus yang perlu anda tahu. Penggunaan neraca ohaus dipilih menyesuaikan kebutuhannya. 

1. Neraca Ohaus Digital

Neraca ohaus digital atau elektronik muncul seiring perkembangan teknologi digital. Neraca dapat digunakan secara mudah karena berbasis internet dibanding jenis neraca manual.

Neraca ini bisa mengukur massa benda secara otomatis, tanpa perlu menggeser anak timbangan di lengan neraca.

Jadi, Anda tinggal menaruh benda yang ingin ditimbang, lalu hasilnya akan muncul secara otomatis. 

Neraca ohaus digital dapat aktif menggunakan tenaga baterai. Neraca Ohaus lebih fleksibel saat digunakan. Namun di samping itu, neraca ini juga memiliki harga yang lebih mahal.

2. Neraca Ohaus Dua Lengan

Neraca Ohaus dua lengan terdiri dari beberapa komponen, di antaranya lengan depan, lengan belakang, sistem magnetic, penggeser anak timbangan, kait, skala, venier, lekuk, tempat, dan alas. 

Neraca ini memiliki anting logam di bagian lengan depan. Anting ini bisa digeser sesuai kebutuhan, dari skala 0 hingga 100 gram.

Lengan belakang neraca ini memiliki lekukan-lekukan, mulai dari 0, 100, 200, hingga 500 gram.

Neraca ini menggunakan dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama memiliki nilai 0 hingga 9 gram, sementara skala nonius memiliki nilai 0 hingga 0,9 gram.

3. Neraca Ohaus Tiga Lengan

Neraca Ohaus ini memiliki tiga lengan yang setiap lengannya memiliki ketelitian yang berbeda-beda. Neraca ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi 0,01 gram. Lengan depan neraca ini memiliki anting yang dapat digeser dari skala 0 hingga 10 gram.

Lengan tengah memiliki anting yang dapat digeser dari skala, 0,100, 200, 300, hingga 500 gram. Lengan belakang memiliki anting yang dapat digeser dari skala 0,10, 20, 30, hingga 100 gram. 

4. Neraca Ohaus Empat Lengan

Neraca Ohaus ini memiliki empat lengan untuk pengukuran yang akurat. Neraca jenis ini memiliki satu timbangan di salah satu sisi neraca yang bisa diseimbangkan dengan lengan neraca. 

Demikianlah ulasan mengenai fungsi neraca Ohaus dan jenis-jenisnya. Neraca ini banyak digunakan dalam kehidupan, namun untuk kebutuhan khusus pengukuran benda-benda dengan massa yang kecil.

Neraca ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pengukuran di laboratorium farmasi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI.