Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Para Santri Kembangkan Kabupaten Bondowoso Jadi Tempat Wisata Luar Biasa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para santri untuk menjadi pemimpin masa depan guna mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sandiaga mengatakan, Bondowoso memiliki potensi wisata yang luar biasa lantaran hampir sebagian wilayahnya dikelilingi pegunungan.

"Tahun ini, Ijen didaftarkan ke Unesco Global Geopark (UGG), pengumumannya kami tunggu di bulan Maret 2023. Kami harapkan setelah ditetapkan oleh UGG akan meningkatkan jumlah wisatawan," ujarnya dalam siaran pers, Senin, 16 Januari.

Kemudian, ada juga Desa Wisata Tirta Agung yang masuk dalam 50 Besar ADWI pada 2022. Berikutnya, ada Batu So’on Bondowoso di Solor hingga Air Terjun Niagara Mini.

"Tidak hanya wisata, Bondowoso juga memiliki komoditas kopi yang luar biasa enak, serta ada beberapa produk fesyen dan kuliner yang bisa jadi unggulan," kata Sandiaga.

Banyaknya potensi wisata di Bondowoso, kata Sandiaga, tentu memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang andal, sehingga mampu memimpin dan mengembangkan daerahnya sendiri.

"Di pesantren ini, terdapat lebih dari 2.000 santri. Saya yakin, para santri 'can be a good leader'. Kemarin saya diundang BBC, ada pertanyaan yang disampaikan, 'Mampukah islamic boarding school menciptakan pemimpin ke depan?' Saya jawab mampu, bahkan bisa menciptakan pimpinan dan presiden Indonesia pernah dipimpin oleh seorang santri," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, Proklamator Kemerdekaan Bung Karno juga pernah menjadi seorang santri. Ia menimba ilmu agama dari Minang sampai Cianjur.

"Kami bangga pernah memiliki presiden yang hadir untuk para santri, yaitu Gus Dur. Bermimpilah setinggi langit, Insyaallah kalian bisa menggapai bintang-bintang di langit," imbuhnya.