Bisnis Mekap Artis: Peluang dan Tip Memulainya
Ilustrasi makeup artist ( Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisnis mekap artis (MUA) atau bisnis tata rias merupakan salah satu usaha bidang jasa yang cukup menjanjikan.

Peluang usaha yang satu ini banyak ditekuni oleh perempuan. Pasalnya, tata rias dan mekap artis sudah menjadi hal yang bisa bagi perempuan.

Kendati demikian, tak sedikit pula para pria yang menekuninya.

Salah satu contohnya adalah Bubah Alfian. Ia adalah seorang penata rias profesional yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya selebriti.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis mekap artis, yuk, simak peluang bisnis dan tips memulai bisnis tata rias.

Peluang Bisnis mekap artis

Saat ingin menjalankan bisnis baru, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah peluang bisnisnya.

Dikutip dari Career Explorer, Senin, 9 Januari 2023, penata rias menggunakan berbagai media yang diaplikasikan pada kulit untuk mengubah atau meningkatkan penampilan seseorang.

Oleh sebab itu, jangan heran jika penata rias kerap disebut sebagai ahli kecantikan yang berspesialisasi dalam tata rias.

Masih dari Career Explorer, bisnis tata rias atau mekap artis tidak menawarkan layanan lain seperti rambut, perawatan kulit atau manikur dan pedikur.

Terkait peluang bisnis ini, ada permintaan tinggi untuk penata rias terampil. Mereka bisa menggaet pelanggan dari kalangan influencer, model, selebritas, dan aktor.

Kendati demikian, bisnis mekap artis sedianya termasuk bisnis musiman.

Karena pendapatannya meningkat di momen-momen tertentu, misalnya, wisuda, liburan, atau pada awal atau akhir bulan dimana banyak berlangsung acara pernikahan.

Selain itu, puncak pendapatan bisnis MUA juga terjadi pada peringatan hari besar, seperti Hari Kartini, Hari Kemerdekaan, dan lain sebagainya.

Sebab, biasanya diadakan lomba-lomba kostum pakaian adat.

Kendati tergolong bisnis musiman, bukan berarti bisnis ini tak memiliki pemasukan di hari-hari biasa.

Pelaku bisnis mekap artis tetap bisa mendapatkan cuan karena akan selalu ada klien yang menggunakan jasa penata rias, misalnya untuk acara ulang tahun, tunangan, photoshoot dll.

Artinya, kesuksesan bisnis MUA tergantung pada kemampuan Anda dalam mempromosikan bisnis dan membangun citra sebagai penata rias yang terampil.

Umumnya, bisnis MUA mempunyai pelanggan organik. Karena setiap orang memiliki selera mekap yang berbeda. Apabila klien sudah menemukan MUA yang cocok dengan seleranya biasanya mereka enggan berpindah ke MUA lain.

Tips Memulai Bisnis mekap artis Artist

Ilustrasi makeup artist
Ilustrasi makeup artist (Wilkernet/Pixabay)

Disadur dari laman Small Business, berikut beberapa tips untuk memulai bisnis mekap artis artist:

  1. Buat Portofolio mekap artis Artist

Langkah ini bisa Anda lakukan dengan merias 20 hingga 30 wajah. Mintalah teman dan anggota keluarga untuk menjadi model, setelah itu lanjutkan ke sesi pemotretan dan unggah hasil riasan Anda di media sosial.

Carilah wanita dengan warna rambut, warna mata, dan jenis kulit yang berbeda. Tunjukkan kemampuan Anda untuk merubah penampilan mereka. Siapkan portofolio untuk setiap klien potensial.

  1. Gunakan Produk mekap artis yang Berkualitas

Gunakan produk mekap artis yang berkualitas saat mempraktikkan tata rias. Jangan gunakan riasan di bawah standar yang dapat diakses dan diterapkan oleh siapa pun. Menggunakan produk eksklusif membuat pekerjaan Anda lebih diminati oleh klien.

  1. Jalin Kerja Sama dengan WO dan Fotografi

Cobalah menjalin kerjasama dengan Wedding Organizer dan fotografer pernikahan. Tawarkan layanan Anda sebagai penata rias dengan menunjukkan portofolio make up.

  1. Bikin Konten Video di Media Sosial

Buat video dari beberapa pekerjaan Anda dan unggah di media sosial. Bagikan tips dan teknik dasar merias wajah.

Mengunggah konten video di media sosial akan meningkatkan portofolio Anda sebagai seorang perias profesional dan menunjukkan gaya riasan Anda. Letakkan tautan di situs jejaring sosial untuk menarik pelanggan potensial.

  1. Dapatkan Sertifikat Kompetensi Tata Rias

Carilah pelatihan dan lisensi tambahan untuk membuat bisnis seni rias Anda lebih dapat dipasarkan. Pertimbangkan untuk mengikuti kursus atau kelas tambahan tentang penataan rambut atau perawatan kulit.

Demikian informasi seputar bisnis mekap artis artist, peluang dan tips memulainya. Semoga bermanfaat!