Bagikan:

JAKARTA - Liburan dengan menyewa kapal phinisi di Labuan Bajo menjadi pilihan banyak orang yang suka wisata alam dan liburan mewah. Harga sewa kapal phinisi di Labuan Bajo bergantung pada desain kapal, fasilitas, kapasitas, dan jumlah tamu yang menginap.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, indonesia.travel, kapal phinisi merupakan kapal tradisional khas Indonesia, tepatnya berasal dari Sulawesi. Dalam trip Labuan Bajo, kapal phinisi digunakan untuk sarana wisata berlayar dan menginap di atas kapal.

Salah satu hal yang mempengaruhi harga sewa setiap kapal phinisi adalah fasilitasnya. Fasilitas yang disediakan tiap kapal pun semakin beragam, seperti jacuzzi, bathtub, kamar dengan pemandangan laut, karaoke, kayak, kano, hingga jet ski.

Di salah satu tour operator, IndonesiaJuara Trip, kisaran harga sewa kapal phinisi di Labuan Bajo mulai dari Rp40 juta - Rp300 juta per malamnya menurut Agung Afif, pemilik IndonesiaJuara Trip.

IndonesiaJuara Trip menyediakan berbagai pilihan kapal phinisi dengan fasilitas, kapasitas, dan biaya yang berbeda untuk para wisatawan.

"Jadi budget dan fasilitas yang diinginkan itu kan bervariasi, maka biasanya mereka yang berminat sewa kapal phinisi untuk liburan di Labuan Bajo, konsultasi dulu dengan tim kami melalui WhatsApp untuk menemukan kapal phinisi yang sesuai," ujar Agung dalam keterangannya, Rabu 14 Desember.

Dengan konsep Living on Board (LoB), para wisatawan diajak berkeliling antar pulau dan destinasi, dan bermalam di kapal. Destinasi yang dikunjungi misalnya, Pulau Padar yang terkenal dengan pemandangan 3 teluk yang indah dan terlihat mulai dari sepanjang jalur trekking hingga sampai di puncak Pulau Padar. Selain itu ada Pink Beach, Taka Makassar, Manta Point, dan lain-lain. Durasi trip terbaik di Labuan Bajo adalah 3 hari 2 malam.

Menurut hasil penelusuran di Google, saat ini banyak sekali bermunculan kapal phinisi baru di Labuan Bajo. Fasilitas dan harga yang ditawarkan pun berbeda-beda hingga para wisatawan sering menjadi bingung untuk memilih. Peran tour operator yang terpercaya di sini diperlukan untuk melayani para wisatawan baik segi guide, pelayanan, hingga bantuan memilih kapal phinisi yang lebih aman dan praktis.

Tips terpenting saat akan sewa kapal phinisi di Labuan Bajo adalah memilih tour operator yang terpercaya dan memiliki review positif.

Menurut Agung, IndonesiaJuara Trip sudah lebih dari 7 tahun melayani sewa kapal phinisi di Labuan Bajo.

"Sejauh ini, para wisatawan yang menyewa kapal phinisi melalui kami puas dengan service yang kami berikan. Dan mereka selalu meninggalkan review positif melalui pesan WhatsApp atau di Tripadvisor," ujar Agung.

Dilihat dari laman Tripadvisor, IndonesiaJuara Trip berada di posisi 1 dalam kepuasan pelanggan dari 314 tur penyewaan kapal lain di Labuan Bajo.

Beberapa artis besar Indonesia juga telah mempercayai IndonesiaJuara Trip untuk melayani mereka dalam menyewa kapal phinisi di Labuan Bajo, seperti Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Baim Wong & Paula Verhoeven, Nirina Zubir, dan Wulan Guritno & Chicco Jerikho.