Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menggelar bakti sosial dengan membantu 150 penderita katarak melakukan operasi gratis. Kali ini, kegiatan tersebut dilakukan Sido Muncul di RS Bhayangkara TK II Sartika Asih, Bandung, Jawa Barat, pada Kamis 8 Desember 2022.

Pada kegiatan tersebut, Sido Muncul menggandeng SPBK Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Pusat sebagai tenaga kesehatan yang akan menangani 150 penderita katarak. Pelaksanaan operasi, dilakukan selama dua hari yaitu 8-9 Desember 2022.

Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Karumkit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung Kombes Pol. dr. Hj. S. N. Imanta Tarigan, SpPk, disaksikan Perwakilan Perdami dr. Maulia Fitra Purnama, SpM dan dr. Widya Anandita, SpM.

Irwan mengatakan, kegiatan yang juga menjadi salah satu rangkaian HUT RS Bhayangkara TK II Sartika Asih ini merupakan kegiatan yang sempat tertunda dua tahun karena adanya pandemi di tahun 2020.

Para penderita yang akan mendapatkan bantuan operasi katarak mata akan menjalani proses screening terlebih dahulu sebelum akhirnya dioperasi. Irwan berharap setelah mendapatkan operasi gratis, maka penderita katarak bisa kembali beraktivitas.

Lebih lanjut Irwan menuturkan pelaksanaan Operasi Katarak Gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan. Diketahui, sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah memberikan bantuan operasi untuk lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia dan menargetkan akan membantu 12.000 mata penderita katarak di tahun depan.

Selain Operasi Katarak Gratis, Irwan menambahkan pihaknya akan terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. Selain katarak, Sido Muncul juga menaruh perhatian dalam pengobatan bibir sumbing dan penanganan stunting.

"Tahun depan (kegiatan operasi gratis) katarak akan 12.000, (bantuan pengobatan) bibir sumbing 4.000, stunting itu kan jangka panjang jadi kita akan masuk ke wilayah-wilayah dan membantu pertumbuhan anak-anak," ujar Irwan, dikutip Minggu 11 Desember.