Dinas Bina Marga Jakarta Tunjuk Unit Usaha Semen Indonesia Bangun Jalan Strategis dengan Solusi StilCrete
Foto: Dok. Antara/Semen Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP) dan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Bidang Jalan dan Jembatan menandatangani kontrak kegiatan pembangunan jalan-jalan strategis di DKI Jakarta menggunakan solusi StilCrete.

PLP yang merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ini berperan sebagai penyedia jasa konstruksi solusi StilCrete mulai dari manajemen lalu lintas penutupan lajur jalan, pembongkaran jalan eksisting, pembuangan hasil bongkaran, pengecoran hingga pekerjaan selesai.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip Antara, Kamis 1 Desember, proyek peningkatan infrastruktur yang pekerjaannya dimulai hanya di malam hari ini akan meningkatkan kapasitas jalan seluas 1.700 meter persegi di area yang sering tergenang air laut akibat banjir rob.

Banjir rob berpotensi menurunkan performa beton dan menyebabkan korosif pada pembesian yang ada di dalamnya sehingga membutuhkan material khusus agar konstruksi mempunyai durabilitas yang tinggi.

Oleh sebab itu, jalan akan dibangun dengan StilCrete yaitu solusi untuk permasalahan yang muncul pada pekerjaan struktur beton di wilayah dengan kandungan sulfat dan klorit tinggi.

Besi di dalam struktur bangunan tersebut akan aman dari penetrasi sulfat dan klorida yang dapat menimbulkan korosif.

Hal tersebut karena StilCrete memiliki keunggulan tahan terhadap penetrasi sulfat dan klorida, low permeability, tahan lama, mudah dikerjakan, low shrinkage, kuat tekan tinggi serta kuat lentur tinggi.

Tingkat durabilitas solusi StilCrete juga lebih tinggi dibandingkan beton biasa sehingga membuat pemeliharaan terhadap serangan sulfat dan klorida menjadi sangat minim yang akhirnya mampu menghemat total cost ownership.

Langkah ini sudah pernah dilakukan PLP dan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta pada 2019 yaitu melakukan pengembangan solusi ini melalui trial mockup di Jalan Kamal Muara, Jakarta Barat.

Hasil evaluasi terhadap pengembangan jalan itu menunjukkan kinerja yang baik dan sesuai dengan rencana sehingga aplikasi StilCrete untuk jalan atau jembatan yang tergenang air laut akibat banjir rob bisa dilaksanakan tahun ini.

Upaya SIG bersama Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta pun sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014 dalam upaya mengurangi kemacetan melalui kegiatan perbaikan jalan beton TransJakarta atau busway menggunakan SpeedCrete.

SpeedCrete adalah solusi perkerasan ultra fast-track untuk perbaikan jalan dalam waktu kurang dari tujuh jam di malam hari sehingga mampu membantu menghindari kemacetan lebih lama yang akan terjadi jika menggunakan metode konvensional.

Selain itu, SIG turut aktif turut pada proyek revitalisasi trotoar, taman kota, dan ruang terbuka hijau (RTH) di DKI Jakarta, Depok hingga Bandung sejak 2016 sampai sekarang.

Pada seluruh kegiatan revitalisasi tersebut, PLP mengaplikasikan produk beton ramah lingkungan seperti ThruCrete atau beton berpori, LocooCrete atau beton rendah emisi karbon serta semen ramah lingkungan untuk revitalisasi trotoar dan area perkerasan lainnya.

Kontribusi SIG dalam kegiatan revitalisasi trotoar antara lain kawasan Gelora Bung Karno Senayan, kawasan Kebayoran Baru seperti Blok M, Barito dan Melawai serta kawasan Jalur MRT seperti Bundaran Patung Pemuda sampai Stasiun Fatmawati.

Kontribusi SIG juga termasuk kawasan Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Tugu Tani, Wahid Hasyim, Simpang Sarinah sampai Tanah Abang, RTH Tebet Eco Park (TEP), Lebak Bulus, Senayan, Panglima Polim serta Kramat Jati.