JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meresmikan kembali Kantor Cabangnya di Medan, Sumatera Utara, dan Pondok Indah Mall, Jakarta. Peresmian ini dilakukan untuk menyambut kehadiran konsep next-generation branch untuk pengalaman perbankan holistik di kedua kantor cabang tersebut sebagai bagian dari komitmen Danamon untuk memberikan solusi perbankan dan keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.
"Sebagai bagian dari MUFG, salah satu grup finansial global terbesar, Danamon memiliki posisi unik sebagai bank lokal dengan kapabilitas dan jaringan global. Danamon memiliki fundamental Financial Supply Chain yang diterjemahkan menjadi rangkaian produk yang relevan dengan kebutuhan dan tujuan keuangan nasabah kami," ujar Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki ketika meresmikan kantor cabang di Jl. Putri Hijau No.2, Kesawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu 30 November kemarin.
Peresmian kantor cabang dengan konsep baru di Medan ini dilakukan oleh Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki, didampingi oleh Wakil Direktur Utama Hafid Hadeli, Direktur Syariah Herry Hykmanto, Branch Network Head Sonny Wahyubrata, dan Regional Head untuk Region Sumatera I, Riana Suagiat.
"Konsep next-generation branch untuk pengalaman perbankan holistik bagi nasabah ini merupakan bukti komitmen Danamon untuk selalu mengedepankan dan mendengarkan nasabah. Kedua cabang ini hadir dengan menggabungkan tiga elemen penting yaitu digital, human, dan physical. Kami berharap untuk memantapkan diri menjadi “Your Bank of Choice”, yang berjalan bersama di setiap langkah, setiap tahap kehidupan nasabah," jelas Yasushi.
Kantor cabang Danamon di Medan dan Pondok Indah Mall ini didesain untuk menjadi platform yang berfungsi sebagai pusat edukasi, sharing knowledge, hingga networking agar bisa tumbuh bersama.
"Di sini, Danamon menyediakan community lounge yang bisa digunakan untuk nasabah dan para entrepreneur di Kota Medan untuk mendapatkan edukasi terkait pengelolaan keuangan dan seminar kewirausahaan yang bisa diikuti para pelaku usaha setempat seperti pelatihan, dan sharing session untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, di mana Danamon memfasilitasi para entrepreneur dan nasabah untuk saling berbagi pengalaman, memperluas jaringan hingga membuka peluang untuk pengembangan bisnis dengan memanfaatkan jaringan global MUFG sebagai induk perusahaan Danamon," jelas Branch Network Head Danamon, Sonny Wahyubrata.
Hal ini sesuai dengan karakteristik komunitas bisnis di Medan yang tangguh dan open minded serta sejalan dengan program Pemerintah Kota Medan yang tengah gencar memperbaiki iklim investasi dan mendorong anak muda untuk berani mengambil langkah untuk berwirausaha serta menekan angka pengangguran.
Selain itu, kantor cabang Medan juga didesain menjadi tempat berkumpul yang cozy bagi para nasabah Danamon. Pasalnya, di dalamnya terdapat hospitality point yang dilengkapi dengan Kopi Mandailing khas lokal, co-working lounge yang bisa digunakan untuk bekerja sekaligus bertransaksi, event space untuk mengadakan kegiatan hingga meeting room berbagai tipe yang dilengkapi fasilitas pendukung yang membuat nasabah merasa nyaman seperti di rumah sendiri atau ‘second home’ bagi nasabah.
Medan adalah kota yang strategis untuk Danamon karena merupakan salah satu pusat bisnis terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,62 persen pada tahun 2021 dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapitanya sebesar Rp105,53 juta.
Sebagai bagian dari MUFG, salah satu grup perbankan terbesar di dunia, Danamon bersama anak perusahaannya, Adira Finance, memiliki keunggulan kompetitif berupa kemampuan untuk bersinergi dengan seluruh lini bisnis kami, membangun kemitraan yang komprehensif, serta memahami dan memenuhi kebutuhan nasabah dan komunitas di mana Danamon beroperasi.
Regional Head Bank Danamon Sumatera I (Sumatera Utara, Riau, dan Aceh) Riana Suagiat, menambahkan, kantor cabang Danamon di Putri Hijau ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan jumlah nasabah dan pembiayaan Danamon di region Sumatera I. Sampai dengan kuartal III-2022, Dana Pihak Ketiga (DPK) Danamon untuk regional Sumatera Utara mencapai Rp119 triliun, sementara untuk penyaluran kredit mencapai Rp140 triliun yang didominasi oleh sektor Agrikultur, Kehutanan dan Perikanan, serta Manufaktur.
Danamon Juga Resmikan Kantor Cabang Pondok Indah Mall Jakarta
Selain di Putri Hijau, Medan, Danamon hari ini juga meresmikan Kantor Cabang Danamon di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta dengan konsep yang sama dengan cabang Putri Hijau. Di kantor cabang ini, nasabah akan diberikan pengalaman bertransaksi yang mudah, cepat, aman, dan nyaman. Kantor cabang ini didesain modern dan juga dilengkapi dengan hospitality point, community space, dan area knowledge sharing yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.
BACA JUGA:
"Berbagai kemudahan layanan keuangan yang diberikan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan keleluasaan dan kecepatan dalam bertransaksi. Adapun target market yang ingin disasar Danamon adalah para karyawan, profesional, entrepreneurs dan para milenial yang digitally savvy," ujar Regional Head Jakarta Branch Network 2 Danamon, Jacqueline Wirawan.
Data Bank Indonesia 2021 mencatat, transaksi digital di DKI Jakarta mencapai 40 persen dari total transaksi digital secara nasional atau setara dengan Rp2.944,4 triliun. Selain itu, DKI Jakarta tercatat memiliki persentase penduduk yang telah memiliki ponsel tertinggi nasional yakni sebanyak 81,83 persen.
One Stop Shop untuk Semua Kebutuhan Nasabah
Pada kedua kantor cabang tersebut, layanan keuangan yang dihadirkan Danamon akan menyesuaikan dengan masing-masing profil dan kebutuhan nasabah menggunakan perangkat digital serta penawaran terpadu dari sisi finansial maupun non-finansial yang holistik guna memberikan solusi end to end yang efektif dan efisien. Bahkan, nasabah juga dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas Kepemilikan Kendaraan Bermotor (KKB) dari Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon.
"Danamon bertekad untuk terus tumbuh sebagai sebuah organisasi yang customer-centric, dengan proposisi nilai unik yang berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan para mitra kami, pemerintah dan komunitas dan didukung oleh teknologi kelas dunia. Kami terus berkomitmen untuk memberikan berbagai solusi keuangan terbaik agar para nasabah mampu memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan finansial mereka," tutup Yasushi Itagaki.