Disparbud Jabar 'Perkenalkan Kembali' Bandara Kertajati
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) membantu memperkenalkan Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, di Kabupaten Majalengka, dengan menggelar acara bertajuk "Kertajati Menyapa 2022" yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November hingga 4 Desember 2022 di Kota Bandung.

"Kami bersama PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan Samsara Dharsana menggelar 'Kertajati Menyapa 2022' mulai 30 November hingga 4 Desember 2022 mendatang, tempatnya di Trans Studio Mall Bandung," kata Kepala Disparbud Jawa Barat Benny Bachtiar dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Antara, Senin 28 November.

Acara "Kertajati Menyapa" akan menghadirkan 'Mini Kertajati Airport' melalui berbagai aktivasi kegiatan seperti lomba foto, infographic wall & interactive screen dan permainan seperti Kertajati Treasure Hunt Games untuk membawa Bandara Kertajati lebih dekat kepada masyarakat.

Benny Bachtiar mengatakan acara "Kertajati Menyapa" merupakan sebuah bentuk perwujudan dari semangat kebangkitan ekonomi pasca pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020.

Pandemi COVID-19 secara tidak langsung memberikan dampak terhadap penurunan aktivitas penerbangan di Kertajati.

Menurut Benny, bandara yang berlokasi di Kabupaten Majalengka ini memegang peranan sangat penting dalam menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi masyarakat di Jawa Barat yang berfokus pada sektor pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.

"Saya sangat mendukung event kolaborasi ini secara positif, karena Bandara Kertajati Jawa Barat merupakan salah satu gerbang dari Pariwisata Jawa Barat yang sudah lama dinantikan untuk dapat kembali beroperasi," kata Benny.

Sebelum di Bandung, kegiatan serupa juga sempat dilaksanakan di Tentrem Mall, Semarang pada 23-27 November 2022.

Benny berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan perhatian bagi masyarakat.

"Sehingga dapat mengingatkan kembali bahwa Jawa Barat memiliki Bandara internasional yang berkualitas, tentunya memerlukan dukungan serta kolaborasi dari berbagai pihak agar dapat bangkit kembali," kata Benny.

Perwakilan Tim Samsara Dharsana, Senandhika, menuturkan acara "Kertajati Menyapa" merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin tahu lebih banyak soal Bandara Kertajati.

"Tujuannya, ini platfrom bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kemegahan, potensi dari Bandara Kertajati serta sektor ekonomi kreatif khususnya di wilayah Ciayumajakuning," kata Senandhika.