Bagikan:

JAKARTA – Panitia Nasional G20 Indonesia mengkonfirmasi bahwa terdapat sejumlah negara yang mengajukan permohonan penggunaan kendaraan lapis baja milik Indonesia untuk mendukung mobilitas selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali tengah bulan ini.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan pengajuan tersebut telah diterima dan diproses oleh panitia sehingga bisa digunakan pada puncak acara.

“Kami akan memfasilitasi tujuh negara yang minta kendaraan lapis baja selama KTT G20 nanti,” ujarnya saat memberi keterangan kepada awak media pada Senin, 7 November.

Menurut Setya, Indonesia juga sudah mendapat laporan bahwa ada beberapa negara yang memilih untuk membawa kendaraan antipeluru tersebut untuk mengamankan delegasi dan pemimpin pemerintah yang hadir langsung di Bali.

“Sementara yang ingin membawa kendaraan lapis baja sendiri itu ada lima negara,” tuturnya.

Sebagai informasi KTT G20 di Bali adalah puncak acara untuk Presidensi Indonesia di Group of 20 periode 2022. Agenda kepala negara/pemerintahan bakal berlangsung 15 hingga 16 November mendatang.

Sementara rangkaian acara dimulai sejak Minggu, 13 November. Adapun, di momentum ini RI bakal menyerahkan tongkat kepemimpinan G20 kepada India yang bakal menjadi Presiden selanjutnya.