Operasi Pasar Beras di Cipinang, Mendag Zulhas: Stok Aman, Tersedia Banyak
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan stok beras aman dan tersedia dengan jumlah yang banyak.

Dikatakan Zulhas, pemerintah telah menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP) dari Perum Bulog dengan harga Rp8.900 per kilogram (kg).

"Beras aman, banyak. Di situ (PICB) semua melayani beras medium Bulog, harganya Rp8.900," katanya saat melakukan operasi pasar di Cipinang, Jakarta Timur, Senin, 7 November.

Sekadar informasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas), Satgas Pangan Polri, Perum Bulog, dan Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) pada hari ini menggelar operasi pasar beras di Pasar Induk Beras Cipinang.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pemerintah memang sedang fokus membangun harga Rp8.900 per kg di tingkat Pasar Induk Cipinang. Sementara harga beras di pasar-pasar turunan berkisar Rp9.300 per kg.

"Kita bangun harga Rp8.900 di tingkat Pasar Induk Cipinang dan Rp9.300 di pasar turunan di Jakarta. Ada sekitar 153 pasar itu juga akan kita guyur," ucap Arief.

Dikatakan Arief, harga beras sebetulnya sedang tinggi di tingkat produsen.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah menyalurkan CBP atau beras Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) untuk mengintervensi harga di pasar.

"Berapa pun stok yang diperlukan ekspektasi masyarakat termasuk Pasar Induk Cipinang sekitar 3.000 ton seminggu, ini akan kita penuhi tentunya mobilisasi stok dari gudang-gudang Bulog yang ada di Indonesia," ujarnya.

Arief menambahkan, pemerintah juga sedang memobilisasi stok beras dari Sulawesi Selatan.

Kata dia, Gubernur Sulawesi Selatan telah mengonfirmasi akan mengirim 6.000 ton beras untuk penambahan CBP.

"Dari NTB 9.845 ton, kemudian dari sekitar Bulog sekitar 14.000 ton jadi Pak Gubernur, Pak Menteri, Pak Kepala Satgas Pangan, Jakarta ini akan kebanjiran stok sebentar lagi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Pangan Nasional yang sudah memastikan stok beras mendium di Jakarta tersedia.

"Terima kasih Pak Menteri kami bersama Pak Menteri mengecek kepastian tersedianya beras medium untuk program KPSH, sehingga Food Station Pak Arif sebagai Kepala Badan Pangan memastikan bahwa itu sudah tersedia dan saya ucapkan terima kasih Pak Menteri sudah membackup ini sehingga kita tahu di sini semuanya sudah dan tersedia beras medium," katanya.