Kelola Dana Rp39,48 Triliun, Bahana TCW Konsisten Terapkan Nilai AKHLAK dalam Pengembangan Bisnis
Foto: Dok. Kementerian BUMN

Bagikan:

JAKARTA – PT Bahana TCW Investment Management berkomitmen menjalankan prinsip Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) dalam menghadirkan layanan dan produk investasi yang berbasis pada kebutuhan masyarakat.

Direktur Bahana TCW Danica Adhitama menyatakan, sebagai anak usaha dari Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan (Indonesia Financial Group/IFG), pihaknya mendorong segenap insan di perusahaan untuk terus memberikan kontribusi positif terhadap industri keuangan dan perekonomian.

“Sebagai upaya untuk beradaptasi terhadap dinamika investasi dan menghadirkan alternatif investasi bagi masyarakat, Bahana TCW telah meluncurkan enam produk investasi dengan menggandeng sejumlah mitra,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu, 26 Oktober.

Danica menjelaskan, beberapa layanan yang diluncurkan adalah Reksa Dana Bahana Gebyar Dana Likuid (BGDL) dengan menggandeng BCA, Bahana Himaya Likuid Syariah dengan BSI, serta Bahana Global Healthcare Sharia Equity USD Fund dengan Bank DBS Indonesia dan Standard Chartered Indonesia.

Sementara pada 2021, perusahaan pelat merah itu tercatat merilis 18 produk investasi. Dalam hal distribusi produk, Bahana TCW telah berkolaborasi dengan kurang lebih 15 bank dan 20 agen penjual lain.

“Dalam pengembangan dan pengelolaan produk investasi, kami selalu menitikberatkan pada risk culture yang ketat dan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG),” tuturnya.

Danica menambahkan, penyiapan produk investasi secara prudent dengan didukung jaringan distribusi yang luas meningkatkan kepercayaan investor untuk menempatkan investasinya pada produk investasi Bahana TCW.

Terbukti, hingga September 2022, Bahana TCW membukukan AUM sebesar Rp39,48 triliun. Kata dia, besarnya AUM ini menempatkan Bahana TCW pada posisi kedua dalam jajaran manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana terbesar (asset under management/AUM) di Indonesia.

Atas torehan itu Bahana TCW berhasil mendapat apresiasi dari Kementerian BUMN berupa penghargaan untuk kategori Indeks Kategori Implementasi Akhlak klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun (Capital Market & Investment).

Penghargaan ini diklaim menjadi tolok ukur penerapan AKHLAK sebagai core values di setiap perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN.

“Reward yang diterima merupakan apresiasi besar dan menjadi bukti komitmen kami dalam memegang teguh prinsip-prinsip bisnis dan pengelolaan investasi yang baik berdasarkan nilai AKHLAK,” tegasnya.

“Kami berharap penghargaan ini dapat menjaga semangat kami untuk terus menghadirkan produk-produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekaligus untuk tetap menjaga capaian kinerja baik perusahaan,” tutup Danica.