Bagikan:

YOGYAKARTA – Badan Penjamin Kesejahteraan (BPJS) Kesehatan baru saja meluncurkan aplikasi baru yang disebut Primary Care alias PCare. Lantas, apa itu Pcare?

Berikut penjelesan lengkap soal Pcare beserta cara daftar dan manfaatnya.

Apa itu PCare?

PCare adalah aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui informasi seputar layanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1, seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik pratama, laboratorium, hingga informasi pelayanan vaksinasi COVID-19.

Aplikasi PCare juga bisa digunakan oleh fasilitas kesehatan primer (puskesmas) untuk mengakses data-data pasien dengan mudah. Dengan demikian, penegakan diagnosis akan lebih tepat dan akurat.

Selain itu, aplikasi PCare juga memudahkan pasien saat melakukan pendaftaran di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Jadi bisa dikatakan bahwa aplikasi PCare ini akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan BPJS Kesehatan.

Di dalam aplikasi PCare terdapat fitur untuk mengecek tagihan BPJS, pencairan faskes terdekat, mempercepat proses rujukan dan lain sebagainya.

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

Perlu diketahui, aplikasi ini belum sepenuhnya bisa diakses masyarakat umum. Mereka yang bisa mendaftar PCare adalah masyarakat atau fasilitas yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Sebum mendaftar PCare, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi kantor BPJS Kesehatan tersedekat. Berikutnya, Anda akan diberikan username dan password untuk login ke aplikasi ini.

Setelah mendapatkan username dan password, buka laman https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim atau unduh aplikasi PCare di PlayStoe maupun Appstore.

Ilustrasi
Ilustrasi 

Untuk lebih jelasnya, berikut cara daftar PCare BPJS Kesehatan, sebagaimana dihimpun VOI dari berbagai sumber, Kamis, 6 Oktober 2022.

  • Buka laman https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim, kemudian masukkan username dan password yang telah Anda dapatkan sebelumnya.
  • Apabila sudah masuk ke menu utama PCare, pilih menu pendaftaran atau pelayanan.
  • Menu pendaftaran dipilih jika Anda ingin beerobat. Caranya, masukkan nomor BPJS Kesehatan, lalu klik ‘caro’. Jika Anda peserta BPJS dari instansi tempat kerja, maka identitas pasien akan muncul secara otomatis.
  • Lengkapi data yang kosong, seperti jenis kunjungan, keluhan, tekanan darah, dan lain sebagainya.
  • Klik ‘Simpan’.
  • Berikutnya, untuk menu ‘Pelayanan’ Anda bisa mengklik ‘Entri Data’. Kemudian mengisi kolom kosong seperti terapi hingga diagnosis, lalu klik ‘Simpan’.
  • Jika sudah mengisi data-data, Anda terlah berhasil mendaftar layanan PCare BPJS Kesehatan

Manfaat PCare BPJS Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat yang bakal Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan:

  1. Memudahkan Masyarakat Mencari Fasilitas Kesehatan Terdekat

Lewat aplikasi PCare, masyarakat bisa mencari fasilitas kesehatan terdekat dari lokasinya. Hal ini sangat berguna, terlebih jika Anda berada dalam kondisi darurat atau ketika berpindah ke tempat yang baru.

  1. Memudahkan Masyarakat untuk Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

Aplikasi PCare juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan. Jika Ada tagihan yang belum terbayar, Anda bisa melakukan pembayaran secara online.

  1. Memudahkan Masyarakat untuk Mendaftar Vaksinasi COVID-19

Melalui PCare BPJS Kesehatan, masyarakat bisa dengan mudah mendaftarkan diri untuk ikut program vaksinasi COVID-19.

  1. Memudahkan Proses Pendaftaran di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Aplikasi PCare memudahkan Anda untuk mendaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Cukup dengan memasukkan nomor peserta, maka semua data pasien akan muncul. Berikutnya, layanan medis akan diberikan sesuai dengan data pasien.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Surat Rujukan

Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan surat rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan. Meminta surat rujukan ke Puskesmas bisa dilakukan secara online.

  1. Memudahkan Dokter untuk Menegakkan Diagnosis

Aplikasi PCare memudahkan para tenaga medis seperti dokter dan perawat dalam menegakkan diagnosis penyakit. Pasalnya, data rekam medic sudah terintegrasi di satu sistem BPJS Kesehatan.

Demikianlah informasi lengkap mengenai apa itu PCare BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat!