Astra Caplok Bank Jasa Jakarta Senilai RP3,87 Triliun
Foto: Dok. Astra

Bagikan:

JAKARTA - Grup Astra melalui PT Sedaya Multi Investama (SMI) atau Astra Financial telah menuntaskan pengambilalihan PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) senilai Rp3,87 triliun. Dengan penyelesaian transaksi ini, SMI memiliki 49,56 persen dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor di BJJ.

SMI adalah anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) yang dimiliki Astra seluruh sahamnya secara langsung dan tidak langsung.

"Pada tanggal 1 Juli 2022, SMI dan PT BJJ telah menandatangani share subscription agreement (SSA) di mana SMI akan mengambil bagian atas 1.138.088 lembar saham baru yang mewakili 49,56 persen dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor di PT BJJ," ujar Sekretaris Perusahaan Astra International Gita Tiffanie Boer dalam keterangan tertulis, Senin 19 September.

Dia menambahkan, per tanggal 16 September 2022, seluruh persyaratan pendahuluan berdasarkan SSA untuk menyelesaikan transaksi, termasuk persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah terpenuhi.

Pada tanggal tersebut, para pemegang saham BJJ telah menandatangani keputusan pemegang saham yang menyetujui transaksi. SMI, BJJ, Welab Sky Limited, PT Widya Raharja Dharma, dan PT Adikarta Graha telah menandatangani akta pengambilalihan yang di antaranya memuat penyelesaian transaksi.

"PT BJJ telah mencatat SMI sebagai salah satu pemegang saham PT BJJ dalam daftar pemegang saham PT BJJ," imbuh Gita.