Hadir di Tong-Tong Fair Den Haag, BRI Bawa Potensi Produk UMKM Binaan ke Kancah Internasional
Ilustrasi (Foto: Dok. BRI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengikutsertakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan dalam festival budaya Eurasian terbesar di dunia “Tong-Tong Fair” yang berlangsung di Den Haag, Belanda pada 1 September 2022 - 12 September 2022.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan strategi ini menjadi cara perseroan dalam untuk mempertegas komitmen memperkenalkan potensi produk UMKM nasional ke kancah internasional.

“Ini adalah kesempatan yang baik karena produk UMKM binaan akan dilihat oleh puluhan ribu pengunjung dari berbagai negara,” ujarnya dalam keterangan tertulis dari Den Haag pada Jumat, 9 September.

Menurut Amam, BRI berupaya mewujudkan visi dan misi sebagai agent of development senantiasa yang mendorong UMKM untuk go global.

“Momentum ini menjadi sebuah pencapaian karena bisa mengenalkan keunikan produk UMKM lokal di level internasional,” tuturnya.

Dijelaskan Amam jika portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh sebesar 9,81 persen secara tahunan (year on year) dari Rp837,8 triliun di akhir Juni 2021 menjadi Rp920 triliun di akhir Juni 2022.

“Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,2 persen,” tegas dia.

Lebih lanjut, bank wong cilik ini diketahui berhasil membukukan total kredit Rp1.104,7 triliun atau tumbuh 8,75 persen.

Adapun, penyaluran kredit kepada seluruh segmen pinjaman tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 15 persen, segmen konsumer tumbuh 5,2 persen, segmen korporasi tumbuh 3,7 persen serta segmen kecil dan menengah tumbuh 2,7 persen.

“Berbagai capaian itu sukses mencatatkan laba bersih konsolidasi senilai Rp24,8 triliun atau tumbuh 98,3 persen di Juni 2022 dengan total aset meningkat 6,3 persen menjadi Rp1.652,8 triliun,” tutup Amam.