Kabar Baik untuk Traveler, Begini Cara Pakai Rupiah di Thailand
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) secara resmi menyatakan bahwa penggunaan mata uang rupiah dapat di lakukan di Thailand untuk transaksi keuangan maupun perdagangan tertentu.

Kondisi ini berkat pencapaian kesepakatan BI dengan Bank Sentral Thailand yang telah diumumkan kemarin, Senin, 29 Agustus. Lantas, bagaimana menggunakan mata uang rupiah di Negeri Gajah Putih itu?

Mengutip salah satu kanal resmi Bank Indonesia disebutkan bertransaksi di Thailand dapat dilakukan dengan men-scan QR code untuk aplikasi pembayaran yang terhubung dengan QRIS. Sehingga, masyarakat RI cukup mengisi saldo dompet elektronik di dalam negeri dan bisa menggunakannya di merchant Thailand yang menyediakan pembayaran melalui QR code.

“Inovasi Bank Indonesia yang bersinergi dengan negara mitra ini untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara serta dapat meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas,” kata otoritas moneter di akun Instagram terverifikasi bercentang biru @Bank_Indonesia dikutip Selasa, 30 Agustus.

Dalam catatan VOI, Gubernur BI Perry Warjiyo sempat mengungkapkan jika kolaborasi yang dicapai merupakan upaya untuk mendorong digitalisasi pembayaran lintas negara.

"Inisiatif ini dipandang dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi," tutur Perry.