Ukur.com, <i>Marketplace</i> dengan Pilihan Toko Bangunan Online Terlengkap di Indonesia
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Toko bangunan terdekat merupakan salah satu bagian dalam sebuah ekosistem bisnis pada bidang konstruksi.

Usaha yang satu ini memang terbilang sangat menguntungkan karena kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan terbilang cukup tinggi.

Meski begitu, persaingan dalam bisnis di bidang konstruksi juga tidaklah mudah. Sedikit berbeda dengan bisnis lainnya, dalam bidang konstruksi kepercayaan yang kuat dengan klien atau pelanggan harus dibangun dan dibentuk.

Hal ini akan berdampak langsung pada popularitas usaha Anda dalam dunia konstruksi seperti toko bangunan terdekat. Kesulitan Umum yang Dihadapi toko bangunan terdekat.

Tentunya sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis dalam bidang konstruksi khususnya toko bangunan terdekat juga mempunyai masalahnya tersendiri.

Berikut beberapa permasalahan umum yang sering dihadapi bisnis toko atau depo bahan bangunan :

1. Cukup sulitnya pemasaran

Pemasaran dalam bisnis apapun bukanlah hal yang mudah, terlebih pada bisnis supplier bahan bangunan. Sebab, umumnya masyarakat maupun kontraktor sudah mempunyai supplier atau toko langganannya sehingga sulit bagi pemain baru untuk masuk.

Namun belakangan ini, bisnis bahan bangunan sudah mulai bergerak ke arah digital, sebab marketplace atau toko online juga mulai merambah ke bisnis yang satu ini.

Dengan begitu toko atau depo dapat memasarkan produknya secara online dan akan dilihat langsung oleh kontraktor maupun masyarakat.

Kontraktor maupun masyarakat akan mudah menemukan sebuah toko atau depo bahan bangunan berdasarkan lokasinya. Hal ini membuat toko atau depo tersebut tidak perlu membuang banyak biaya untuk promosi, bahkan bisa tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

2. Ketatnya persaingan harga

Salah satu faktor yang berpengaruh pada harga sebuah produk adalah karena promosi yang dilakukan, termasuk pada bisnis bahan bangunan. Terlebih lagi untuk pemain baru, hal inilah yang membuat persaingan harga cukup menyulitkan bagi pada toko atau depo bahan bangunan.

Namun dengan hadirnya marketplace khusus toko bangunan terdekat seperti ukur.com masalah tersebut bisa teratasi.

Toko atau depo bisa menghemat biaya promosi mereka dan hanya perlu mem-posting produknya dengan harga terbaik yang dapat ditawarkan.

3. Penataan barang yang justru mempersulit pelanggan

Penataan produk atau barang pada sebuah toko memang menjadi kesulitannya tersendiri, termasuk pada toko bangunan terdekat. Dengan banyaknya jenis maupun kuantitas produk yang akan dijual membuat pemilik sulit menatanya berdasarkan prioritas maupun popularitasnya.

Bahkan penataan produk yang kurang sesuai juga bisa membuat toko atau depo sepi. Namun dengan ukur.com masalah ini juga dapat teratasi karena semua produk dapat ditampilkan secara digital pada aplikasi. Pelanggan akan lebih mudah mencari produk yang diinginkan.

4. Lokasi yang kurang strategis

Permasalahan lain yang umumnya dihadapi adalah lokasi toko yang memang kurang strategis.

Toko atau depo yang lokasinya jauh dari sebuah proyek pembangunan mungkin tidak akan akan diketahui oleh kontraktor atau masyarakat.

Padahal bisa saja mereka mempunyai produk yang dibutuhkan dengan harga yang dapat bersaing. Namun dengan pemasaran online via ukur.com masalah tersebut bisa teratasi.

5. Pembayaran yang terlambat atau dicicil

Dalam bisnis bahan bangunan, masalah utang piutang atau pembayaran dengan cara dicicil sudah bukan hal baru lagi.

Terlebih bila berurusan dengan para kontraktor yang membeli dalam jumlah besar, keterlambatan pembayaran sudah hal yang wajar ditemui.

Keunggulan Marketplace Konstruksi Seperti Ukur.com

Hadirnya marketplace dalam dunia konstruksi merupakan angin segar dalam bisnis yang satu ini. Sebab kini jual beli online juga dapat dilakukan untuk berbagai jenis bahan bangunan.

Meski begitu kepopuleran marketplace yang satu ini masih harus terus digaungkan, sebab masih banyak baik masyarakat, kontraktor hingga toko atau depo bahan bangunan yang belum mengetahuinya.

Padahal keberadaanya bisa memberikan beberapa manfaat seperti :

1. Menjangkau pelanggan lebih banyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan berjualan melalui marketplace secara online maka supplier atau toko bangunan terdekat bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Selain dapat ikut memasarkan marketplace tersebut, tentunya pihak marketplace juga akan mempromosikan platformnya kepada masyarakat luas.

Terlebih dengan tren belanja online yang kini semakin diminati, tentunya hal ini diharapkan bisa ikut terjadi pada bisnis bahan bangunan. Pelanggan bisa mencari produk yang mereka butuhkan secara online tanpa perlu datang ke toko fisiknya.

Sehingga untuk bisnis seperti toko bangunan terdekat masalah lokasi sudah bukan masalah utama lagi. Sebab dimanapun lokasinya sudah bisa dilihat dengan mudah oleh masyarakat luas khususnya kontraktor.

2. Tingkat kepercayaan konsumen lebih tinggi

Kelebihan lain dari marketplace secara umum adalah tingkat kepercayaan konsumen yang lebih tinggi. Sebab, marketplace mempunyai citra tempat berbelanja online yang praktis dan aman.

Tentunya citra tersebut juga akan melekat pada toko atau depo bahan bangunan yang ikut bergabung memasarkan produknya pada marketplace.

Sedangkan bila toko atau depo ingin membuat toko online atau websitenya sendiri tentunya akan membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Belum lagi dengan biaya yang diperlukan untuk membuatnya dan juga biaya promosi yang harus dikeluarkan di awal, tentu akan lebih mudah bila bergabung dengan marketplace yang sudah ada seperti ukur.com.

3. Meningkatkan penjualan

Dengan memasarkan produk bahan bangunannya secara online melalui marketplace, toko atau depo dapat meningkatkan penjualannya. Sebab dengan tingkat kepercayaan masyarakat kepada marketplace yang tinggi memungkinkan Anda menjangkau pelanggan lebih luas lagi.

Selain pihak marketplace yang akan mempromosikan toko dan produknya, Anda sendiri juga bisa ikut mempromosikannya untuk semakin meluaskan target pasar.

Tentunya dengan semakin mudahnya toko bangunan terdekat ditemukan juga akan ikut meningkatkan penjualannya, belum lagi dengan penjualan secara offline.

4. Lebih mudah memanajemen produk

Dengan adanya marketplace konstruksi, toko bangunan terdekat hanya perlu untuk mem-posting produknya semenarik dan sedetail mungkin disertai harga terbaik yang bisa ditawarkan.

Di toko online ini Anda tidak perlu memusingkan tentang penataan produk, sebab karena dalam bentuk digital membuat konsumen lebih mudah menemukan barang yang mereka inginkan.

Sehingga Anda bisa memanfaatkan luas toko yang ada untuk menempatkan beberapa sampel produk atau barang saja, tidak perlu semua stok dikeluarkan dari gudang.

Sebab, pelanggan atau konsumen bisa melihat barang atau produk apa saja yang tersedia di toko Anda melalui marketplace.

5. Pengelolaan yang lebih mudah

Pengelolaan toko online dalam sebuah marketplace juga terbilang bisa lebih mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website atau men-download aplikasinya maka sudah bisa mulai menjual produk Anda.

Untuk bisa membuat toko online sendiri maka Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan memenuhi beberapa persyaratan yang tidak sulit. Di sini Anda tidak perlu repot mengeluarkan biaya sendiri untuk membuat website atau toko online.

Anda hanya perlu mem-posting produk dengan detail dan menarik disertai harga terbaik yang bisa bersaing.

Dengan hadirnya ukur.com bisa menjadi angin segar bagi para pemilik toko atau depo bahan bangunan untuk memasarkan produknya.

Masyarakat luas dan lebih khususnya kontraktor akan lebih mudah menemukan toko atau produk Anda untuk keperluan proyek konstruksinya. (ADV)