Gelar Kegiatan Sosial untuk HUT Pasar Modal, SRO Ajak Investor Tingkatkan Transaksi pada 9 Agustus
Ilustrasi. (Foto: Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Organisasi Regulator Mandiri (SRO) pasar modal yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), mengajak investor untuk meningkatkan transaksinya pada 9 Agustus dalam rangka memperingati HUT Ke-45 Pasar Modal Indonesia.

Ketua Panitia HUT Pasar Modal Indonesia ke-45 yang juga Direktur KPEI Antonius Herman Azwar mengatakan SRO akan mengalokasikan seluruh pendapatan dari biaya atau fee transaksi bursa dan fee jasa kustodian sentral pada 9 Agustus 2022, untuk dana kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

"Para investor dan pelaku pasar modal lainnya diharapkan dapat meningkatkan nilai transaksinya pada perdagangan 9 Agustus 2022, karena melalui peningkatan nilai transaksi bursa, dapat meningkatkan fee transaksi bursa dan fee jasa kustodian sentral yang akan digunakan untuk dana CSR,” ujar Antonius dalam keterangan dikutip Antara, Senin 8 Agustus.

Antonius menyampaikan SRO bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merencanakan beberapa program CSR dalam rangka HUT Pasar Modal yang ke-45, di antaranya restorasi daerah pesisir termasuk pengembangan kapasitas masyarakat, penghijauan lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon, serta program pengolahan dan pemberdayaan sampah untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, ada program Anak Indonesia Sehat untuk pencegahan stunting, penguatan ketahanan pangan, pengadaan perahu sekolah gratis, perbaikan sarana dan akses pendidikan, bantuan ambulans darat untuk RSUD, serta kegiatan donor darah.

"Selanjutnya, OJK dan SRO juga akan berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan CSR lainnya yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerima, dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam mensukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi prioritas pembangunan nasional," kata Antonius.

Antonius berharap berbagai kegiatan CSR dalam rangka HUT Ke-45 Pasar Modal Indonesia yang dilakukan oleh pasar modal pada bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, serta sosial dan ekonomi, dapat langsung membantu kebutuhan dasar manusia dan menyentuh pihak-pihak yang memang benar-benar membutuhkan di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat.

"Dengan adanya partisipasi dari investor di pasar modal diharapkan juga semakin menguatkan sumber pendanaan CSR sehingga dapat memberikan dampak positif yang lebih luas yang dapat diberikan oleh pasar modal untuk kemajuan Indonesia," pungkas Antonius.