Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM menyebut ada tiga pihak yang mengajukan pendaftaran merek 'Citayam Fashion Week'. Namun, permohonan yang didaftarkan oleh Indigo Aditya Nugroho sudah dicabut kembali.

Plt Dirjen Kekayaan Intelektual, Razilu mengatakan merek Citayam Fashion Week telah didaftarkan oleh tiga pihak. Mereka adalah PT Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong, Indigo Aditya Nugroho dan Daniel Handoko Santoso.

Razilu mengatakan PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan untuk jenis jasa hiburan dalam sifat peragaan busana, layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, hingga publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan.

Sementara, Indigo Aditya Nugroho mendaftarkan untuk jasa ajang pemilihan kontes (hiburan), expo mengenai kesenian, kebudayaan dan pendidikan, fashion show, perencanaan pesta untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana dan pertunjukan panggung.

Sedangkan, Daniel Handoko Santoso mendaftarkan merek kita yang Fashion Week berada di kelas 25. Jenis barang atau jasa antara lain alas kaki, alas kaki untuk anak-anak, alas kaki untuk orang dewasa, alas kaki untuk pria, alas kaki untuk pria dan wanita, alas kaki untuk wanita baju kaos (t-shirt), baju ketat, baju koko, baju olahraga, baju rajut, sampai t-shirt lengan panjang dan t-shirt printing

"Namun merek yang didaftarkan Indigo Aditya Nugroho tercatat telah mengajukan penarikan kembali pendaftaran mereknya pada 25 Juli 2022," katanya dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Selasa, 26 Juli.

Di laman resmi pdki-indonesia.dgip.co.id permohonan atas nama Indigo kini tertulis '(TM) ditarik kembali' permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

Lebih lanjut, Razilu mengatakan ada satu pihak lagi yang mengajukan merek kepada DJKI. Namun, merek yang didaftarkan hanya 'Citayam' tanpa ada tambahan fashion week. Pendaftarnya adalah PT Tekstil Industri Palekat.

Razilu pun mengapresiasi keputusan Indigo Aditya Nugroho yang menarik kembali pengajuan merek atas nama Citayam Fashion Week. Ia berharap pihak lain juga melakukan hal yang sama agar polemik ini tidak berkepanjangan.

"Harapan kita sebenarnya supaya tidak terjadi berkelanjutan polemik ini di masa mendatang. Pihak-pihak yang telah mengajukan, mengambil sikap yang sama seperti mas Indigo Aditya Nugroho ini untuk ditarik kembali. Sehingga tidak berkelanjutan prosesnya di tempat kita," ujarnya.