Sektor Transportasi Sumbang Emisi Karbon Terbesar, Setahun Capai 280 Juta Ton
Ilustrasi (Foto: Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, saat ini sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang emisi karbon terbesar di Indonesia.

Emisi karbon sektor transportasi sudah menyumbang lebih dari 280 juta ton CO2 selama satu tahun.

Jika tidak ada yang berubah, lanjut dia, emisi karbon transportasi akan terus bertambah sampai 860 juta ton CO2 per tahun pada tahun 2060.

"Untuk mewujudkan transisi energi di sektor transportasi, seperti arahan Bapak Presiden Indonesia secara bertahap harus mengubah sektor transportasi dari berbasis BBM ke listrik yang ramah lingkungan, yang berbasis energi domestik," ujar Darmawan kepada media, Rabu, 20 Juli.

Darmawan menambahkan, PLN mengalokasikan Rp120 miliar untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan dalam mempercepat KBLBB pada tahun ini.

Hingga Juni 2022, tercatat sudah tersedia 139 unit SPKLU PLN pada 110 lokasi di 48 kota di Indonesia.

Adapun rencana penambahan sampai akhir tahun 2022 akan terbangun sejumlah 110 unit SPKLU yang terbentang untuk membangun peta jalan Nasional di seluruh Indonesia.

"PLN siap mendukung berkembangnya kendaraan listrik, baik dari fasilitas penunjang maupun juga pertumbuhan jumlah kendaraan listrik. PLN siap untuk membangun kerja sama dengan semua pihak dan kami sudah membangun fitur Electric Vehicle di PLN Mobile," terang Darmawan

PLN juga membuka peluang yang seluas-luasnya bagi Badan Usaha untuk dapat berkolaborasi bersama menjadi partnership penyediaan SPKLU.

"Perkembangan EV di Indonesia diharapkan dapat semakin pesat. Karena para pebisnis akan semakin terbuka akses pembiayaan untuk ikut berpartisipasi dalam membangun SPKLU. Masyarakat juga mendapat akses kredit pembelian kendaraan listrik," pungkas dia.