Delegasi Sherpa G20 Diajak <i>Nanjak</i> di Pulau Padar Labuan Bajo
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Delegasi Pertemuan Kedua Sherpa G20 diajak untuk mencairkan suasana dengan bersama-sama melakukan pendakian ke Bukit Padar, Pulau Padar, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Co Sherpa Presidensi G20 Indonesia Edi Prio Pambudi mengatakan pendakian Bukit Padar bersama-sama para delegasi merupakan sebuah kegiatan yang bermakna bahwa G20 itu bersistem simetris dari bawah ke atas.

"Kita exercise semua, bisa atau tidak kita sampai ke puncak. Kenyataannya, walaupun jalannya terjal, medannya berat, kita pun harus bersama-sama naik. Itu yang kita lakukan di sini untuk memberikan filosofi bahwa kita harus bersama-sama," katanya di Labuan Bajo, NTT, dikutip dari Antara, Rabu 13 Juli.

Ia mengatakan para delegasi menyampaikan rasa puas dan mereka menyadari bahwa pertemuan Sherpa G20 adalah upaya bersama.

"Kita membuka jalan mudah-mudahan ke depannya bisa sesuai dengan yang kita harapkan," katanya.

Edi menjelaskan saat kunjungan ke pulau-pulau termasuk ke Pulau Komodo, Long Pink Beach, juga terjadi pembicaraan informal dalam suasana yang lebih cair atau akrab.

"Saya bicara dengan Rusia, saya bicara dengan yang lain juga. Kita berharap semuanya akan kembali baik lagi. Ini tidak sekedar jalan-jalan, tapi makna yang kita buat supaya semuanya kembali fokus pada substansi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga mengapresiasi para delegasi yang menghadiri Pertemuan Kedua G20 sejak hari pertama karena selama pertemuan tidak ada satupun yang keluar dari pertemuan atau walkout.

"Semua saling mendengarkan. Bahkan kemarin, pada saat kita bicara yang sangat serius di atas kapal, semua bicara dan kita semua saling mendengarkan," katanya.

Edi menambahkan rombongan delegasi Sherpa G20 yang diajak berkeliling kawasan wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya pada Selasa 12 Juli sebagai langkah yang tepat untuk mempromosikan pariwisata Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas di Tanah Air.

"Tujuan kita membuat para delegasi terkesan dengan harapan mereka bisa datang kembali ke Indonesia," katanya.

Pertemuan kedua Sherpa G20 di Labuan Bajo yang berlangsung pada 10-13 Juli 2022 dihadiri secara langsung delegasi 19 negara anggota G20, 9 negara undangan, dan 10 organisasi internasional. Satu negara anggota G20 yang hadir virtual yakni Amerika Serikat.