Sepakati Pengembangan Transportasi Ramah Lingkungan di Indonesia, Inggris Kucurkan Dana Rp162 Miliar
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Inggris dan Pemerintah Indonesia akan meluncurkan proyek kerja sama di bidang transportasi rendah karbon di Indonesia senilai 9 juta Poundsterling atau sekitar Rp162 miliar. Salah satunya terkait integrasi pengembangan LRT, transit-oriented development dan land value capture di Metropolitan Semarang.

Pada Selasa 5 Juli, telah dilakukan seremonial peluncuran program bernama 'Future Cities: UK-Indonesia Low Carbon Partnership'. Sebelumnya, penandatanganan kesepakatan (Implementing Agreement) untuk memulai kerja sama tersebut telah dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Penandatanganan tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dengan Menteri Perhubungan Inggris Wendy Morton MP pada Juni 2022 lalu.

Adapun program ini merupakan langkah awal dari komitmen kedua negara untuk memitigasi dampak perubahan iklim melalui pengembangan transportasi publik perkotaan yang ramah lingkungan.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyambut baik adanya kerja sama ini. Menurut dia, kemitraan di bidang transportasi sangat penting, agar lebih percaya diri untuk menjalankan komitmen dari konferensi di Glasgow dan juga dalam rangka mewujudkan transisi menuju kendaraan nol emisi atau zero emission.

"Kami berupaya untuk menegakkan Perjanjian Paris untuk menekan kenaikan suhu bumi di bawah 1,5 derajat celsius, dan berupaya melaksanakan dekarbonisasi di sektor transportasi karena 25 persen emisi GRK dihasilkan dari sektor transportasi," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu 6 Juli.

Jenkins mengatakan Pemerintah Inggris melalui UK Partnering for Accelerated Climate Transition (UK PACT) memberikan pendanaan sebesar 9 juta poundsterling. Pendanaan ini untuk pengembangan transportasi perkotaan yang ramah lingkungan di sejumlah provinsi di Indonesia, yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Jenkins mengatakan melalui program ini, kedua negara bersama-sama ingin menangkap peluang besar seperti pengembangan peta jalan untuk elektrifikasi kendaraan umum secara efisien, pengintegrasian solusi ramah iklim ke dalam perencanaan pembangunan nasional dan daerah, serta perancangan proyek transportasi rendah karbon yang mampu menarik investasi.

Adapun lima proyek dalam program Future Cities ini, yaitu pertama, integrasi pengembangan LRT, transit-oriented development dan land value capture di Metropolitan Semarang. Kedua, transisi menuju transportasi rendah karbon yang inklusif melalui perbaikan aspek keselamatan bagi kaum rentan.

Ketiga, penguatan transportasi kota berkelanjutan di kota pesisir. Keempat, dekarbonisasi transportasi yang inklusif di Indonesia. Terakhir, mobilitas bersih untuk area metropolitan Jakarta.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan menyambut baik pelaksanaan program kerja sama ini.

"Program ini diharapkan dapat membantu pengembangan sistem transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia," kata Dirjen Hendro.

Ia mengungkapkan, upaya peningkatan kualitas transportasi sejalan dengan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mitigasi dampak perubahan iklim. Dalam RPJMN 2020-2024, Kemenhub memiliki tugas tidak hanya untuk meningkatkan konektivitas perkotaan melalui penyediaan angkutan umum massal, tetapi juga berkontribusi pada penurunan emisi (dekarbonisasi) di sektor transportasi.

"Kami tengah mengembangkan sejumlah angkutan umum massal perkotaan baik dalam bentuk Bus Rapid Transit (BRT) maupun di sektor perkeretaapian yang berbasis rel, yang terintegrasi dan juga menggunakan energi listrik," jelasnya.

Melalui kerja sama ini, lanjut dia, diharapkan upaya tersebut dapat dilakukan dengan lebih terukur, terstruktur, terakselerasi dan lebih andal dalam merencanakan dan mengimplementasikan sistem transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.