Hadirkan PJU-TS, Kementerian ESDM Klaim Bisa Tekan Pengeluaran Daerah
Ilustrasi. Sejumlah instalasi lampu tenaga Surya (solar panel), dipasang di kawasan pelabuhan Jepara Desa Ujungbatu, Jepara, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) kembali merealisasikan pembangunan infrastruktur energi pro rakyat salah satunya melalui Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) yang dipasang di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Untuk tahun 2021, sebanyak 70 titik PJU-TS yang dipasang. Jika ditotal sejak 2018 telah terpasang sebanyak 214 titik lampu di Kabupaten Bulukumba," ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi dalam keterangan kepada media, Selasa 5 Juli.

Pemasangan PJU-TS di Bulukumba ini, sambung Hendra merupakan program Tahun Anggaran 2021 Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal EBTKE. Keseluruhan titik sudah terpasang dan beroperasi dengan baik, memberikan manfaat dan penerangan bagi masyarakat.

Terdapat total 450 titik yang diresmikan dan tersebar di empat Kabupaten di Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Bulukumba 70 titik, Kabupaten Wajo 137 titik, Kabupaten Maros 104 titik dan Kabupaten Bone 139 titik.

Program pemasangan PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM sejak tahun 2015 telah berhasil memasang 90.687 titik PJU-TS di seluruh wilayah Indonesia. Jika di total, jumlah ini setara dengan menerangi jalan sepanjang 4.535 km. Pada tahun 2021 telah terbangun sebanyak 22.000 unit PJU-TS di 34 provinsi atau setara dengan menerangi jalan sepanjang 1.100 km.

Menurut Hendra, dari sisi keekonomian pemanfaatan PJU-TS dapat membantu efisiensi pengeluaran Pemerintah Daerah setempat untuk pembayaran tagihan listrik, karena PJU-TS tidak memerlukan sumber energi listrik dari PLN.

"Penghematan dari PJU-TS ini mungkin terbilang kecil untuk satu titik perharinya, namun jika dihitung dalam setahun, dari total lampu yang ada, angka penghematan dari PJU-TS ini tentu cukup signifikan. Semakin banyak nantinya yang dipasang semakin efisien biaya pengeluaran daerah Bulukumba untuk tagihan listriknya," tutur Hendra.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris berpesan kepada Pemkab Bulukumba dan masyarakat setempat untuk dapat merawat insfrastruktur PJU-TS ini dengan baik agar kebermanfaatannya dapat terus dirasakan secara berkelanjutan.

"Pesan saya, tolong dipelihara dengan baik apa yang sudah diberikan oleh pemerintah sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan masyarakat," ucap Yuliani Paris.