Kementerian PUPR Tawarkan 8 Proyek Skema KPBU di 2022, Apa Saja?
Ilustrasi jalan tol. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, saat ini sudah ada delapan proyek jalan tol masuk ke skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) pada 2022.

Herry merinci, delapan proyek jalan tol yang ready to offer pada tahun 2022 yaitu, Jembatan Batam-Bintan dengan panjang 14,74 Km dengan nilai investasi Rp14,12 triliun, Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 Km dengan nilai investasi Rp18,76 triliun, Jalan Tol Semanan-Balaraja sepanjang 32,39 Km dengan nilai investasi 15,53 triliun.

Kemudian Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat sepanjang 61,5 Km dengan nilai investasi Rp15,38 triliun, Jalan Tol Bogor Serpong Via Parung sepanjang 31,3 Km dengan nilai investasi 8,95 triliun, Jalan Tol Cikunir-Karawaci sepanjang 40 Km dengan nilai investasi 26 triliun, Jalan Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,51 Km dengan nilai investasi Rp10,48 triliun, dan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 38,6 Km dengan nilai investasi Rp18,76 triliun.

Dia mengatakan, kehadiran infrastruktur jalan tol memiliki peran penting salah satu pondasi bangsa Indonesia sebagai aksesibilitas pendukung pendistribusian barang dan jasa.

Sehingga dapat terus menjadi salah satu solusi dan tumpuan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang positif untuk terhubung ke kawasan satu dengan lainnya.

Herry mengatakan, kebutuhan biaya pengadaan tanah dengan Target Renstra tahun 2020-2024 dengan 2.513 Km jalan tol dan 41 ruas yang biaya yang dibutuhkan adalah Rp96 triliun.

"Dengan biaya tersebut merupakan tugas kita untuk konsen bagaimana mencari potensi kolaborasi dengan pemangku kepentingan," ujar Herry dikutip, Minggu, 26 Juni.

Perkembangan KPBU pada Jalan Tol dimulai pada sebelum Tahun 2004 yaitu risiko yang umumnya diambil oleh PT Jasa Marga (BUMN) dan Badan Usaha Swasta,

Selanjutnya pada Tahun 2004 sampai 2012 risiko dialihkan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUMN dan Badan Usaha Swasta).

Tahun 2012-2016 risiko dibagi antara Pemerintah dan Badan Usaha Swasta, pengadaan tanah merupakan tanggung jawab Pemerintah, dana layanan bergulir dan dana land capping, 2015 sampai saat ini jaminan Pemerintah melalui PT Penjamin Infrastruktur Indonesia, berdasarkan Undang-Undang No 2 Tahun 2012, kepastian dalam pengadaan lahan, DTT dan BUJT dibayarkan melalui LMAN, pembagian risiko terhadap proyeksi pendapatan melalui penerapan evaluasi Present Value of Revenue (PVR).

Herry menjelaskan, kebijakan pembiayaan infrastruktur ke depan adalah melanjutkan pembiayaan jalan tol pada ruas utama, memperbaiki iklim investasi dan mendorong skema pembiayaan yang lebih berkelanjutan, salah satunya melalui skema Asset Recycling.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, di tengah situasi pandemi COVID-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tetap memacu pembangunan jalan tol yang tersebar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Pembangunan jalan tol tetap berjalan karena menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

“Pada masa Pandemi Covid 19 yang kita lalui bersama sangat mempengaruhi kinerja operasi, finansial dan teknis pada jalan tol. Volume Lalu Lintas turun seiring dengan kebijakan dari Pemerintah dengan mengeluarkan pembatasan mobilitas. Di tahun 2021 Pemerintah mengeluarkan kebijakan stimulus kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang terdampak Covid 19 “ ujar Danang.

Danang menambahkan, seiring dengan berjalannya waktu dengan relaksasi pembatasan mobilitas yang dikeluarkan oleh pemerintah volume lalu lintas di jalan tol dari waktu ke waktu naik.

Berbeda dengan angkutan logistik dengan dukungan Pemerintah yang tetap mendorong arus logistik menghasilakn arus volume lalu lintas yang stabil.

Hal tersebut merupakan modal untuk mendorong sasaran pembangunan jalan tol di masa mendatang.

Hingga akhir tahun 2021, panjang jalan tol mencapai 2.457 Km, selanjutnya hingga Juni 2022 panjang jalan tol yang sudah beroperasi sepanjang 2.500 Km.

"Dengan peningkatan panjang jalan tol di beberapa ruas terdapat capacity ratio 70 persen yang mengharuskan adanya pelebaran. Seperti contohnya pada lebaran tahun ini pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan pelebaran yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan jalan tol," ujar Danang.

"Terkait keselamatan di jalan tol, diharapkan akan faktor kecelakaan di tahun 2022 dapat mengalami penurunan menjadi 1,09 kejadian per km (-32,7 persen), dibandingkan sebelumnya pada tahun 2021 yang sebesar 1,62 kejadian per km, dan berkurangnya korban meninggal akibat kecelakaan ditargetkan di tahun 2022 mengalami penurunan 0,143 Korban meninggal dunia per Km dengan persentase mencapai -6,53 persen dibandingkan tahun 2021 yakni 0,153 Korban meninggal dunia per Km," sambungnya.

Selanjutnya, Danang mengungkapkan, untuk sasaran investasi di tahun 2021 sebesar Rp736,37 triliun (akumulasi harga berlaku), ditargetkan hingga akhir tahun 2022 mendatang dapat meningkat sebesar Rp970,85 triliun (akumulasi harga berlaku).

Kemudian terkait Foreign Direct Investment (FDI) di mana pada tahun 2021 sebesar Rp9,90 triliun yang besarannya tetap pada tahun 2020, pada tahun 2022 ditargetkan mencapai Rp20 triliun, pembiayaan internasional juga ditargetkan tahun 2022 mencapai Rp4,30 triliun dibandingkan tahun 2021 Rp3,89 triliun.