Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menilai tren perekonomian Indonesia terus membaik yang ditunjukan dengan peningkatan konsumsi belanja masyarakat di kuartal II 2022. Sejalan dengan hal tersebut Bank Mandiri diketahui semakin memperkuat layanan digital demi meraih peluang yang ada.

Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan fasilitas perbankan terbaik bagi pelaku usaha segmen wholesale.

“Kami telah meluncurkan Kopra by Mandiri, layanan digital single access yang dapat menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale dan value chain-nya secara end to end,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat, 24 Juni.

Menurut Panji, melalui Kopra nasabah dapat secara mudah mengakses Mandiri Global Trade (MGT) untuk menjalankan berbagai transaksi produk trade finance yang dimiliki.

“Kopra by Mandiri hadir untuk memberikan solusi bagi pebisnis maupun pelaku usaha dalam menjalankan proses jual-beli dan ekspor-impor tanpa harus menggunakan prosedur yang rumit,” tuturnya.

Panji menambahkan, melalui layanan digital ini nasabah bisa melakukan penerbitan dan perubahan (amendment) bank garansi, letter of credit, standby letter of credit (SBLC), Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) hingga pendanaan perdagangan atau trade finance secara daring.

“Kami pastikan semua dapat secara mudah mengelola informasi transaksi, hingga laporan secara terpadu, cepat, aman serta nyaman di dalam satu platform,” tegasnya.

Sebagai informasi, Bank Mandiri merupakan pemimpin pasar alias market leader dalam bisnis bank garansi dengan market share per Desember 2021 sebesar 34,03 persen.

Sementara itu, jumlah outstanding bank garansi di Bank Mandiri per akhir 2021 telah mencapai Rp118,43 triliun atau tumbuh 10,50 persen dari periode setahun sebelumnya. Pencapaian ini diklaim entitas berkode saham BMRI itu sebagai bank utama penyedia layanan bank garansi di Indonesia.

“Kemudahan-kemudahan yang diberikan Bank Mandiri pada produk bank garansinya tidak lepas dari misi korporasi untuk menyediakan solusi perbankan digital. Ini juga menjadi salah satu manifestasi keinginan perseroan untuk menjadi salah satu bank digital terkemuka di Indonesia dengan layanan yang andal dan simpel,” tutup Panji.