Sandiaga Uno Buat Puluhan Juta UMKM Naik Kelas Lewat Ekosistem Digital
Sandiaga Uno di Ancol (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus membangun ekosistem digital bagi UMKM. Dia bahkan menargetkan 30 juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital.

Sandiaga mengatakan, saat ini terdapat 17 juta UMKM yang telah terdigitalisasi.

"Sejauh ini sudah 17 juta yang sudah terdigitalisasi. Targetnya, tahun depan 30 juta UMKM kita akan masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital atau sekitar dari setengah UMKM yang ada di Indonesia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Sabtu 28 Mei.

Sandiaga berharap ekspor-ekspor produk Indonesia semakin meningkat melalui program-program etalase KKI, mengingat sebelumnya ekspor produk Indonesia bisa menembus US$21 miliar.

Dia berharap pelaku UMKM dapat menembus pasar global sehingga dapat menjadi penopang kebangkitan ekonomi Indonesia. Apalagi, dunia saat ini tengah dilanda ketidakpastian.

Di sisi lain, Sandiaga optimistis, UMKM Indonesia dapat naik kelas dan berdaya saing.

"Dengan digitalisasi kita, UMKM yang terus terkurasi saya yakin akan terus terbuka peluang. Saya optimis akan terjadi suatu transformasi teman-teman di UMKM ini untuk naik kelas, berdaya saing, sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," ungkapnya.