Dolar Dekati Tertinggi 20 Tahun di Tengah Aksi Jual Pasar Global
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Indeks dolar melayang di dekat tertinggi 20-tahun terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat, karena aksi jual pasar dalam menghadapi kekhawatiran resesi global menopang mata uang safe haven.

Saham Eropa dibuka lebih rendah dan menuju minggu terburuk dalam dua bulan, menyusul penurunan di Wall Street.

Mata uang AS telah berdiri tegak di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memperketat kebijakan moneter lebih cepat daripada rekan-rekan untuk membendung inflasi yang tak terkendali.

Laporan pekerjaan AS yang diawasi ketat yang akan dirilis pada Jumat waktu setempat dapat memperkuat kasus pengetatan agresif, kata para analis.

Ekonom memperkirakan 391.000 pekerjaan AS yang solid ditambahkan bulan lalu, menurut jajak pendapat Reuters.

Indeks dolar, yang melacak kinerjanya terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya naik sebanyak 0,5 persen pada awal jam perdagangan Eropa untuk mencapai tertinggi baru 20 tahun di 104,07.

Tapi kemudian kehilangan kekuatan dalam perdagangan bergejolak dan terakhir secara luas datar di 103,55. Tampaknya sentuh dan pergi apakah indeks akan mencatat kenaikan minggu kelima berturut-turut, naik 0,3 persen pada minggu ini.

The Fed menaikkan suku bunga setengah poin persentase pada Rabu (4/5/2022) - lompatan terbesar dalam 22 tahun - tetapi dolar untuk sementara mendingin karena komentar Ketua Fed Jerome Powell bahwa pembuat kebijakan tidak secara aktif mempertimbangkan kenaikan 75 basis poin di masa depan.

"Kondisi pasar keuangan harus semakin ketat untuk mengubah pemikiran bank sentral tentang risiko inflasi dan karenanya dolar AS akan tetap berada di jalur penguatan untuk saat ini," kata analis mata uang di MUFG dalam sebuah catatan.

Euro kehilangan sebanyak 0,5 persen terhadap dolar pada awal jam perdagangan Eropa, sebelum berbalik arah. Mata uang tunggal terakhir naik 0,2 persen pada 1,05555 dolar.

Sterling secara luas datar setelah sebelumnya turun di bawah 1,23 dolar untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun, sehari setelah bank sentral Inggris (BoE) mengirim peringatan keras bahwa Inggris berisiko mengalami resesi ganda dan inflasi di atas 10 persen.

BoE juga bergabung dengan The Fed dalam menaikkan suku bunga, menaikkannya sebesar seperempat poin persentase menjadi 1,0 persen.

Yen sedikit melemah terhadap dolar, turun 0,2 persen menjadi 130,46 yen per dolar.

Di pasar mata uang kripto, bitcoin sedikit melemah untuk diperdagangkan sedikit di atas 36.000 dolar AS.