Jelang Lebaran, KPPU Pastikan Stok Bahan Pokok Tercukupi
Omisioner KPPU, Chandra Setiawan (tengah)/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memastikan stok bahan pokok (bapok) nasional aman dan cukup menjalang Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2022 yang tinggal menghitung hari. Kenaikan harga pangan di masa menjelang perayaan Idulfitri juga masih dalam tataran wajar.

Komisioner KPPU, Chandra Setiawan mengatakan bahwa KPPU telah melakukan pengawasan atas sembilan komoditas bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, cabai, gula, dan sebagainya menjalang Idulfitri 2022.

"Dari pengawasan tersebut, KPPU melihat bahwa stok komoditas pangan masih mencukupi dengan gejolak harga yang masih sesuai  dengan mekanisme pasar,"  katanya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat, 29 April.

Kata Chandra, beberapa kenaikan harga menjelang Hari Raya Idulfitri terjadi secara nasional, khususnya untuk daging sapi, cabai, minyak goreng, dan tepung. Namun, kenaikan tersebut masih wajar.

Di berbagai wilayah juga ditemukan adanya upaya asosiasi pelaku usaha di Yogyakarta dan Lampung  menyepakati harga daging sapi untuk besaran tertentu dan telah menjadi perhatian di kantor wilayah KPPU terkait.

Namun, kata Chandra, KPPU belum mendapat adanya sinyal-sinyal yang mengarah pada potensi pelanggaran persaingan usaha. Jika dalam proses pengawasan ditemukan adanya indikasi pelanggaran, KPPU akan melakukan tindakan tegas.

"Saat ini KPPU melihat belum dibutuhkan tindakan khusus secara nasional, seperti upaya penegakan hukum atas temuan yang ada," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Chandra, KPPU akan terus melanjutkan pengawasannya atas harga berbagai komoditas pangan, khususnya yang miliki karakter pasar oligopolistik seperti daging sapi, daging ayam, minyak goreng, bawang putih, dan lainnya.