Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan rest area di Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami kemacetan panjang. Kemacetan tersebut berimbas sampai Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Tadi informasi yang kami peroleh dari pengelola jalan tol dan korlantas, memang rest area di Cipali khususnya tadi sampai menimbulkan kemacetan panjang yang dampaknya sampai tol Cikampek," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 28 April.

Namun, Adita menekankan bahwa kemacetan tersebut telah terurai. Kata dia, rest area ini akan menjadi perhatian sehingga tidak menjadi penyebab kemacetan.

"Sekarang sudah diatasi dan penanganan rest area akan menjadi prioritas juga, khususnya di ruas tol yang lain," ucapnya.

Kemenhub meminta para pemudik untuk mematuhi kebijakan yang ada, yakni maksimal 30 menit berada di rest area. Menurut dia, hal ini demi kepentingan dan kenyamanan sesama pemudik.

"Diharapkan masyarakat tetap bisa mematuhi maksimal 30 menit di rest area, ini untuk menghindari penumpukan dan kemudian tentu juga bisa lebih lancar perjalanannya," ucapnya.

"Karena tidak terjadi antrean masuk yang itu kemudian memakan bahu jalan dan ini biasanya sangat mengganggu kelancaran lalu lintas di ruas jalan tol," sambungnya.

Selain itu, Kemenhub juga menyarankan pemudik untuk memakai layanan yang sudah disediakan, seperti toilet portable jika tidak memungkinkan berhenti di rest area. Menurut Adita, tujuannya untuk mempercepat waktu di rest area.

"Kalau memang dibutuhkan makan dan minum itu bisa dilakukan dengan take away ya, jadi tidak harus berlama-lama di rest area itu yang menjadi imbauan dari pemerintah," ujarnya.