Kapolda Lampung Minta Pengelola Pelabuhan Bakauheni Tambah Dermaga untuk Motor
Pengguna sepeda motor akan menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten. (Antara/Asep F)

Bagikan:

LAMPUNG - Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Hendro Sugiatno berharap pihak Pelabuhan Bakauheni menambah dermaga khusus sepeda motor pada momen mudik Lebaran 2022. Saran untuk mencegah penumpukan itu disampaikan Kapolda kepada ASDP selaku pengelola Pelabuhan Bakauheni.

"Dalam mempersiapkan arus mudik Lebaran 2022, segala persiapan memang telah mulai dilakukan dengan mempertahankan kolaborasi antar pihak terkait," ujar Hendro Sugiatno, saat menghadiri rapat koordinasi persiapan arus mudik, di Lampung Selatan, Rabu 27 April.

Dia mengatakan, untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022, pihaknya menyarankan kepada pengelola Pelabuhan Bakauheni untuk menyediakan dermaga khusus bagi pengendara kendaraan roda dua.

"Kita sarankan kepada ASDP untuk menyediakan satu dermaga khusus untuk sepeda motor agar pengendara roda dua ini tidak tercampur dengan yang lain saat arus mudik kali ini," katanya.

Menurut dia, dengan adanya dermaga khusus bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

"Dari aspek keamanan tentu bila tidak tercampur dengan kendaraan roda empat tentu pemudik motor lebih aman, lalu faktor kenyamanan juga mereka lebih nyaman karena selama ini yang kami tangani banyak pemudik yang pingsan karena kelelahan dari pengguna sepeda motor," tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan situasi mudik Lebaran berbeda dari biasanya, karena akan ada peningkatan jumlah pemudik setelah 2 tahun mengalami peniadaan mudik akibat pandemi COVID-19, maka adanya kebijakan penambahan dermaga khusus pengguna sepeda motor dapat membantu mengatasi penumpukan.

"Mari kita berpikir kalau saat ini bukan di situasi normal. Sehingga adanya dermaga khusus motor tersebut dapat membantu kami mengkanalisasi pemudik yang menggunakan sepeda motor," ucapnya pula.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan akibat penumpukan pemudik dan kelelahan bagi pemudi sepeda motor, telah disediakan juga posko kesehatan di area pelabuhan dan Jalan Lintas Sumatera.

"Bersama dengan pihak terkait telah dibuka juga posko pelayanan kesehatan, diharapkan ini bisa membantu pemudik yang merasa membutuhkan layanan kesehatan," tandasnya.